Penerapan Model Cooperatif Learning Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMP Negeri 6 Kota Bogor

Penulis

  • Usman Sopyan SMP Negeri 6 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8743

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Cooperatif Learning Type Jigsaw, Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model cooperatif learning type jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn tentang lembaga-lembaga negara dalam undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945 di kelas VIII I SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn tentang lembaga-lembaga negara dalam undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945 sebelum dan sesudah menggunakan model cooperatif learning type jigsaw di kelas VIII I SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. (3) Untuk menngukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik  tentang lembaga-lembaga negara dalam undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945 sesudah menggunakan model cooperatif learning type jigsaw di kelas VIII I SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperatif learning type jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII I SMP Negeri 6 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model cooperatif learning type jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 62,79 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model cooperatif learning type jigsaw menjadi 72,94 pada siklus 1 dan 81,32 pada siklus 2

Referensi

Isjoni. (2016). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suriansyah. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.

Trianto. (2015). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Sopyan, U. (2022). Penerapan Model Cooperatif Learning Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMP Negeri 6 Kota Bogor. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197–209. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8743

Terbitan

Bagian

Articles