Penggunaan Alat Peraga Model Gerhana Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Tentang Terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari Melalui Aplikasi Edmodo

Penulis

  • Joko Hadiarso Sekolah Dasar Negeri Ciranjang

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8768

Kata Kunci:

Alat Peraga, Aplikasi Edmodo, Model Gerhana, Presasi Belajar, Mata Pelajaran IPA

Abstrak

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA tentang terjadinya gerhana bulan dan matahari dengan menggunakan alat peraga model gerhana melalui aplikasi edmodo. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.  Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui alat peraga model gerhana dengan menggunakan aplikasi edmodo dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik tentang terjadinya gerhana bulan dan matahari di kelas VI SD Negeri Ciranjang Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengukur besarnya peningkatan prestasi belajar peserta didik tentang terjadinya gerhana bulan dan matahari setelah menggunakan alat peraga model gerhana melalui aplikasi edmododi Kelas VI SD Negeri Ciranjang Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga model gerhana melalui aplikasi edmodo dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Kelas V SD Negeri Ciranjang Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Sebelum menggunakan alat peraga model gerhana melalui edmodo prestasi belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,15 kemudian terjadi peningkatan setelah dengan menggunakan alat peraga model gerhana melalui aplikasi edmodo menjadi 73,18 pada siklus 1 dan 81,21 pada siklus 2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan alat peraga model gerhana melalui aplikasi edmodo yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik. Oleh  karena itu peneliti menyarankan agar penggunakan alat peraga model gerhana melalui aplikasi edmodo disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA di Sekolah-Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Referensi

BSNP. (2006). Panduan KTSP. Jakarta: Depdiknas

_____. (2011). Standar Isi untuk Sekolah Menengah dan Dasar. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.

Darmojo, H. dan Kaligis, J. R. F. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Hadiarso, J. (2022). Penggunaan Alat Peraga Model Gerhana Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Tentang Terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari Melalui Aplikasi Edmodo. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 215–226. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8768

Terbitan

Bagian

Articles