Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Tentang Jaring-Jaring Bangun Ruang Dengan Menggunakan Model Discovery Learning

Penulis

  • Reni Royani Sekolah Dasar Negeri Bantar Kemang 1

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8770

Kata Kunci:

Discovery Learning, Google Classroom, Jaring-Jaring Bangun Ruang, Mata Pelajaran, Matematika Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik  pada mata pelajaran Matematika  tentang jaring-jaring bangun ruang melalui apliaksi google classroom kelas V  SD Negeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengukur besarnya peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang jaring-jaring bangun ruang setelah mengunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom di kelas V  SD Negeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V SD Neegeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Sebelum menggunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom prestasi hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 68,31 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan media social youtube melalui aplikasi google classroom menjadi 75,31  pada siklus 1 dan 82,03 pada siklus 2.

Referensi

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hisyam, Z. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Royani, R. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Tentang Jaring-Jaring Bangun Ruang Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 239–250. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8770

Terbitan

Bagian

Articles