Implementasi Coorperative Learning Di Masa Pandemi: Sebuah Studi Kasus

Penulis

  • Latifah Azizah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maulidia Rachmawati Nur Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8772

Kata Kunci:

cooperative learning, masa pandemi, pembelajaran tatap muka

Abstrak

Covid-19 telah mengubah beberapa aspek sistem pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran. Cooperative learning merupakan salah satu model pembelajaran yang sering diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini berfokus pada penerapan cooperative learning dalam pembelajaran di masa pandemi yang dilkasanakan di kelas VII di salah satu SMP negeri di wilayah Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil melalui proses observasi kelas saat pembelajaran berlangsung dan interview. Sekolah tersebut menggunakan tipe kelompok belajar kooperatif informal dalam mengimplementasikan cooperative learning dalam proses pembelajaran. Menurut observasi di lapangan selama melaksanakan penelitian ini, pemulis menumakan bahwa implementasi cooperative learning di kelas tersebut menggunakan model NHT (Numbered-Head-Together). Oleh karena itu, cooperative learning menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam situasi apapun,  baik dalam masa pandemi ataupun tidak.

Referensi

Aghajani, M., & Adloo, M. (2018). The Effect of Online Cooperative Learning on Students' Writing Skills and Attitudes through Telegram Application. International Journal of Instruction, 11(3), 433-448.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.

Esiyok, E. (Ed.). (2020). Handbook of Research on New Media Applications in Public Relations and Advertising. Hershey: IGI Global.

Hidayat, U. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budi Mulia Sukabumi.

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika . Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2020, July). Retrieved June 25, 2021, from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan blog: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Kulkarni. (2020). Co Operative Learning: A Strategy for Effective Classroom Teaching in Social Science. Idea Publishing.

Kusnadi. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif Penggunaan Tools SPSS dan Video Scribe. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Leontyeva, I. A. (2018). Modern Distance Learning Technologies in Higher Education: Introduction Problems. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10).

Martawijaya, A. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal: Untuk Meningkatkan Karakter dan Ketuntasan Belajar. CV. Masagena: Makassar.

Rabiman, R., Nurtanto, M., & Kholifah, N. (2020). Design And Development E-Learning System By Learning Management System (LMS) In Vocational Education. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 9(1), 1059-1063.

Ramadiani, Azainil, Khairina, D. M., & Jundillah, M. L. (2021). Factors Affecting The Failure And Success Of Online Learning In Samarinda. The Educational Administration Research and Review (EARR), 5(1).

Rashid, S., & Yadav, S. S. (2020). Impact of Covid-19 Pandemic on Higher Education and Research. Indian Journal of Human Development, 14(2), 340-343.

Ryzin, M. J., & Roseth, C. J. (2019). Effects of cooperative learning on peer relations, empathy, and bullying in middle school. Aggressive Behavior, 45(6), 643-651.

Sabnani, R. L., Wulanjani, A. N., Kusumaningrum, W. R., Muhammad, M., Asmara, R., Hantari, W. C., et al. (Eds.). (2019). ICLLT 2019 Proceedings of the 1st International Conference on Language and Language Teaching, ICLLT 2019, 12 October, Magelang, Central Java, Indonesia. Magelang: EAI Publishing.

Tadesse, S., & Muluye, W. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries: A Review. Open Journal of Social Sciences, 159-170.

Tran, V. D. (2019). Does Cooperative Learning Increase Students' Motivation in Learning? International Journal of Higher Education, 8(5), 12-20.

Zepeda, S. J., & Mayers, R. S. (2014). Supervision Accross the Content Areas. London: Routledge.

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Azizah, L., & Nur, M. R. (2022). Implementasi Coorperative Learning Di Masa Pandemi: Sebuah Studi Kasus. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 251–257. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8772

Terbitan

Bagian

Articles