PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “TEAM QUIZ” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Muhammad Yusup Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v3i1.20525

Abstract

Metode active learning itu sangat diperlukan oleh peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Untuk itu diperlukan perangkat tertentu untuk dapat mengikat informasi yang baru. Metode active learning adalah salah satu cara untuk mengikat informasi yang diterima dari guru, kemudian menyimpannya dalam otak. Hal itu dilakukan karena salah satu faktor yang menyebabkan informasi cepat dilupakan adalah faktor kelemahan otak. Belajar yang hanya mengandalkan indera pendengaran mempunyai banyak kelemahan. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach). Berupa penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/ statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan yakni: (1) Perencanaan pembelajaran menekankan metode active learning “team quiz” yang termuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun dalam silabus (2) Pelaksanaan pembelajaran menerapkan metode active learning “team quiz” dalam perencanaan (3) Evaluasi hasil dalam menerapkan model evaluasi dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

Downloads

Published

2019-06-23

How to Cite

Yusup, M. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “TEAM QUIZ” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. FIKRAH, 3(1), 55–71. https://doi.org/10.32832/fikrah.v3i1.20525

Issue

Section

Artikel