PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI PANTI ASUHAN ALQI CERIA KOTA BOGOR

Authors

  • Khotimah Herliana Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v7i2.20596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pendidikan agama Islam pada peningkatan kepribadian anak-anak di Panti Asuhan Alqi Ceria Kota Bogor. Metode campuran (mixed methods) digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dari 20 peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aspek-aspek kepribadian seperti keterbukaan, keteraturan, dan agreeableness. Pembahasan mengungkapkan bahwa faktor-faktor seperti guru, dukungan staf, dan lingkungan yang mendukung berkontribusi pada efektivitas pendidikan agama Islam. Namun, studi ini memiliki batasan, termasuk ukuran sampel yang terbatas dan periode pemantauan yang singkat. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup studi longitudinal, analisis konteks yang lebih mendalam, dan pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam yang lebih spesifik dan disesuaikan dengan kebutuhan individu anak-anak di panti asuhan.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Herliana, K. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI PANTI ASUHAN ALQI CERIA KOTA BOGOR. FIKRAH, 7(2), 221–231. https://doi.org/10.32832/fikrah.v7i2.20596

Issue

Section

Artikel