INTERNALISASI AL-QUR'AN DAN HADITS DALAM KEGIATAN PERKULIAHAN MAHASISWA

Penulis

  • Busahdiar Busahdiar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ummah Karimah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • M. Reza Prima Matondang Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zaidan Nur Herdyawan Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v9i1.20629

Abstrak

Standar tingkat pencapaian pembelajaran mahasiswa melalui proses internalisasi Al Qur'an dan Hadits dalam proses pembelajaran. Penanaman nilai Pendidikan Agama Islam pada mahasiswa hal yang penting dan sesuatu yang bersifat abtrak, maka diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tepat yang dilakukan oleh dosen dalam menanamakan nilai abstrak tersebut kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis internalisasi Al Qur'an dan Hadits Pada Kegiatan Perkuliahan. Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif dengan diskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan triangulasi data dengan melalui pengumpulan data, reduksi data dan kesimpuan. Lokus penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai bulan Agustus 2024 dengan informan yaitu Dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses kegiatan perkuliahan setiap dosen menyisipkan Al-Qur’an dan Hadits dalam memberikan materi yang terkait dalam pembahasan di saat perkuliahan. Adapun rekomendasi dari penelitian ini agar penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian yang dilakukan pada setiap mata kuliah umum juga.

Diterbitkan

2025-06-17

Cara Mengutip

Busahdiar, B., Karimah, U., Matondang, M. R. P., Wahyuni, S., & Herdyawan, Z. N. (2025). INTERNALISASI AL-QUR’AN DAN HADITS DALAM KEGIATAN PERKULIAHAN MAHASISWA. FIKRAH, 9(1), 11–23. https://doi.org/10.32832/fikrah.v9i1.20629

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama