PERAN MEDIA MASSA TELEVISI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Penulis

  • Chodidjah Makarim

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk ; Mengetahui manfaat media massa TV bagi anak usia dini, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan anak usia dini untuk menonton TV, mengidentifikasi peran media massa TV dalam pendidikan karakter anak usia dini, mengetahui cara mengontrol (pengawasan) anak usia dini atas pengaruh menonton TV program pendidikan, menganalisis hubungan antara perilaku anak usia dini setelah menonton berbagai program di TV dengan pendidikan karakter anak usia dini, mengidentifikasi proses pembentukan karakter positif pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Fungsi media massa TV bagi anak usia dini yaitu: memberi informasi, mendidik, menghibur dan membujuk, Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan anak usia dini untuk menonton TV adalah: Faktor usia, Faktor psikologis dan Faktor kepribadian; introvert (kepribadian tertutup) atau ekstrovert (kepribadian terbuka). Rasa ingin tahu, dan melengkapi informasi yang didapat dari media cetak. Peran media massa TV dalam pendidikan karakter anak usia dini adalah sebagai media massa TV dapat menjadi instrumen utama dalam perubahan sikap dan proses modernisasi dalam berpikir, bersikap dan berperilaku, menampilkan balance argumentation, dan mengembangkan kecerdasan jamak. Cara mengontrol (pengawasan) terhap anak usia dini atas pengaruh menonton TV : (a) Di sekolah: dengan mengadakan forum diskusi dengan menggunakan metode brainstorming dan FGD (Focus Group Discussion). Partisipan (anak) dalam FGD didorong untuk mengekspresikan pandangannya tentang setiap topik, dan mengelaborasi atau memberikan reaksi terhadap pandangan dari partisipan lain (teman sebayanya). (b). Di Rumah: Di rumah, para orangtua dapat melakukan pengawasan baik langsung maupun tak langsung. Perilaku yang diharapkan dari anak usia dini setelahmenonton program pendidikan di media massa TV, adalah: Perilaku yang berhubungan dengan Allah SWT. Perilaku yang berhubungan dengan Allah SWT. Perilaku yang dimaksud adalah sebagai berikut: Bersyukur, Bertasbih, BeristigfarDisiplin, tanggungjawab, perilaku bersih dan sehat. Karakter anak usia dini dibangun dan dikembangkan melalui proses sebagai berikut: Melalui pendidikan dan pengalaman, melalui contoh /teladan, dan pengaruh lingkungan, sikap dan perilaku yang dilakukan berulang sehingga menjadi kebiasaan, kebiasaan yang dijaga dan dipelihara, maka terbentuklah karakter (ekspressi karakter).

Diterbitkan

2015-10-21

Cara Mengutip

Makarim, C. (2015). PERAN MEDIA MASSA TELEVISI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. FIKRAH, 7(2). Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/FIKRAH/article/view/116

Terbitan

Bagian

Artikel