ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM LIRIK LAGU RHOMA IRAMA
DOI:
https://doi.org/10.32832/fikrah.v2i1.20496Abstrak
Menyampaikan materi pendidikan keislaman dapat dilakukan dengan seni musik, tak terkecuali musik dangdut. Di tangan Rhoma Irama, musik tidak hanya sebagai media penghibur saja, melainkan memiliki makna kehidupan, baik yang berhubungan kepada pencipta, maupun hubungan baik kepada sesama, akidah maupun akhlak. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan merumuskan dua masalah, yaitu tema apa saja yang terdapat dalam lagu-lagu Rhoma Irama dan nilai akidah dan akhlak apa saja yang terkandung didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang dilakukan dengan menggunakan perspektif teori akidah dan akhlak Hamka. Data primer yang digunakan adalah keseluruhan lagu-lagu Rhoma Irama yang mengandung nilai akidah dan akhlak yang berjumlah 78 lagu dengan mengambil sampel sebanyak 14 lagu yang paling sesuai dengan objek penelitian. Data dikumpulkan, dipilah dan diinterpretasi, kemudian disimpulkan sesuai perpesketif Hamka. Penelitian ini menemukan, bahwa tema lagu Rhoma Irama berisi tentang nilai pendidikan islam bermuatan akidah akhlak. Tema akidah membahas masalah keimanan, sedangkan tema akhlak membahas tentang hubungan manusia dengan sesama. Penelitian ini juga menemukan, bahwa lagu-lagu Rhoma Irama mengandung nilai-nilai akidah akhlak. Nilai akidah yang berisi keyakinan kepada Tuhan, hari akhir, dan takdir yang berpijak pada rukun iman terdapat dalam lagu Laa ilaaha illallah, Buta Tuli, Sebujur Bangkai, Roda Kehidupan, Pesta Pasti Berakhir, Hari Berbangkit, dan Ingkar. Adapun nilai-nilai akhlak yang menggambarkan hubungan baik kepada sesama terdapat dalam lagu Saleha, Kita Adalah Satu, Narkoba, Ghibah, Keramat, Kurang Garam, dan Ukhuwah.















