PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA MENURUT IMAM AL-GHAZALI

Penulis

  • Pia Khoirotun Nisa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v2i2.20518

Abstrak

Dalam kehidupan manusia pasti memiliki beragam kebiasaan. Ada yang cenderung ingin cepat menyelesaikan pekerjaan dan adapun yang suka menunda mengerjakan pekerjaannya. Sikap menunda-nunda dalam bahasa psikologi adalah "prokrastinasi" dan pelakunya disebut sebagai "prokrastinator". Fenomena prokrastinasi ini beresiko merugikan para pelajar dalam kehidupannya, baik berupa akademik maupun non akademik. Prokrastinasi di kalangan siswa terdapat beberapa jenis proktrastinasi seperti yang dikatakan oleh para ahli seperti tugas mengarang, membaca, mengadiri pertemuan, dan lainnya. Hal ini sudah menjadi kebiasaan yang terus diulang oleh pelaku prokrastinasi dikalangan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Religiusitas Siswa Dengan Prokrastinasi Akademik di SMA Negeri 10 Bogor. Pengumpulan data menggunakan Skala Likert, adalah untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simlpe Random Sampling dengan menggunakan 91 responden. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu skala religiusitas siswa dan skala prokrastinasi akademik. Untuk mengetahui hubungan antara religiusitas siswa dengan prokrastinasi akademik menggunakan kolerasi product moment. Hasil koefisien kolerasi antara dua variabel yaitu yx = 0,466 p = 0,207. Maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data yang diambil dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara religiusitas siswa dengan prokrastinasi akademik di SMA Negeri 10 Bogor.

Diterbitkan

2018-12-24

Cara Mengutip

Nisa, P. K. (2018). PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA MENURUT IMAM AL-GHAZALI. FIKRAH, 2(2), 182–202. https://doi.org/10.32832/fikrah.v2i2.20518

Terbitan

Bagian

Artikel