MANAJEMEN KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN YANG BERBASIS PADA NILAI MULTIKULTURAL DI MTS N 15 BOYOLALI

Penulis

  • Busrani Budi Utama Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Yusuf Rohmadi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v6i1.20566

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum dan pengembangan pembelajaran yang berbasis pada nilai multikultural di MTs N 15 Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Implementasi manajemen kurikulum yang berbasis pada nilai multikultural di MTs Negeri 15 Boyolali dilaksanakan dengan memperhatikan tiga komponen pokok, yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) evaluasi/supervise. Implementasi pengembangan pembelajaran yang berbasis pada nilai multikultural di MTs N 15 Boyolali antara lain: a) pengembangan pembelajaran dilaksanakan secara bertahap, b) guru diberikan kesempatan untuk membuat media dan mengembangakannya, c) guru dimonitoring langsung oleh kepala sekolah, d) kepala sekolah memberikan reward pada guru yang kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan pembelajarannya, e) pengintegrasian nilai multikultural dalam pembelajaran tetap mengacu pada RPP, dan KI-KD nya.

Diterbitkan

2022-06-19

Cara Mengutip

Utama, B. B., & Rohmadi, Y. (2022). MANAJEMEN KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN YANG BERBASIS PADA NILAI MULTIKULTURAL DI MTS N 15 BOYOLALI. FIKRAH, 6(1), 72–83. https://doi.org/10.32832/fikrah.v6i1.20566

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama