LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF HADITS

Penulis

  • Ai Samrotul Fauziah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v7i1.20586

Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis lembaga pendidikan dalam perspektif hadits dikarenakan banyak lembaga pendidikan yang tidak sesuai dengan Undang-undang Sistem Penndidikan Nasional (UUSPN), sehingga akan dikaji bagaimana hadits berbicara tentang lembaga pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode causal efektual dengan menggunakan kajian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif dengan pendekatan klasik (naqliyyah dan aqliyyah) dan pendekatan secara kontemporer. Dari pembahasan dan hasil literatur menyimpulkan hadits pendidikan informal adalah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, hadits pendidikan non formal adalah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim dan hadits pendidikan formal adalah hadits yang diriwayatkan oleh At-Thabrani. Dengan demikian sejatinya pendidikan Islam mendekati lembaga pendidikan sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional sehingga tidak ada alasan bagi umat muslim untuk menjauhi pendidikan yang bersifat nasional.

Diterbitkan

2023-06-19

Cara Mengutip

Fauziah, A. S. (2023). LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF HADITS. FIKRAH, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.32832/fikrah.v7i1.20586

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama