KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DAN RELEVANSINYA TERHADAP AL-QUR’AN

Penulis

  • Ridholloh Ridholloh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v7i1.20592

Abstrak

Pendidikan humanis mengajarkan bagaimana peserta didik sebagai manusia mampu memahami proses pembelajaran secara kritis berlandaskan kerangka filosofis tujuan hidupnya sebagai manusia hal ini pula yang dipertegas oleh Paulo Freire. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanis menurut Paulo Freire dan bagaimana relevansinya terhadap Al Quran. Dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), penelitian ini memerlukan dokumen yang cukup banyak seperti buku, artikel, jurnal, dan dokumen lainnya. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari dataprimer (data pokok) dan data sekunder (data penunjang atau pendukung). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Pendidikan humanis Paulo Freire mempunyai corak kesamaan ide dengan konsep pendidikan Islam secara khusus yaitu pendidikan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi peserta didik yang membebaskan. Pendidikan humanis dan pendidikan Qurani, memiliki relevansi dalam orientasi dan proses pendidikan, sama-sama sangat menekankan humanisasi dan pembebasan sebagai orientasi pendidikan, serta menempatkan peserta didik dan pendidik sama-sama sebagai subjek dalam proses belajar mengajar. Perbedaannya adalah bahwa cakupan pendidikan Islam lebih luas dikarenakan mampu mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum.

Diterbitkan

2023-06-19

Cara Mengutip

Ridholloh, R. (2023). KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DAN RELEVANSINYA TERHADAP AL-QUR’AN. FIKRAH, 7(1), 53–72. https://doi.org/10.32832/fikrah.v7i1.20592

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama