PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA BUKU SAKU ELEKTRONIK TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19

Authors

  • May Harani Larasati Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Jupriyono Jupriyono Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Hartaty Sarma Sangkot Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Sugianto Hadi Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.32832/hearty.v11i1.7543

Keywords:

Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19, Buku Saku Elektronik, Pengetahuan

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan disebabkan oleh virus SARS-Cov2. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di TPQ Nurul Hidayah dapat diketahui bahwa siswa tidak pernah mendapatkan edukasi dan  ditemukan 72,4% siswa yang tidak menggunakan masker serta 36,5% siswa tidak mematuhi social distancing.Tindakan pencegahan penularan dengan 5M merupakan hal penting yang harus dilakukan mengingat ancaman serius yang dapat ditimbulkan. Kepatuhan terhadap tindakan pencegahan penularan dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap, dan praktik. Pemberian edukasi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan penularan Covid-19 pada siswa TPQ Nurul Hidyah. Tujuan dari penelitian ini menganalis adanya pengaruh edukasi dengan buku saku elektronik terhadap pengetahuan siswa TPQ Nurul Hidayah tentang pencegahan penularan Covid-19. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental rancangan pre-test post-test control group design. Hasil Uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan terdapat pengaruh yang siginifikan (p value 0.000) penggunaan media buku saku elektronik dalam meningkatkan pengetahuan terkait pencegahan penularan Covid-19 pada siswa TPQ Nurul Hidayah. Hasil Uji Mann Whitney menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang siginifikan (p value = 0.000) antara edukasi menggunakan media buku saku elektronik dengan edukasi menggunakan media leaflet. Untuk peneliti lain sebaiknya melanjutkan dengan menguji confounding variable dan menguji ulang validitas dari instrumen agar hasilnya lebih baik.

References

Artikel jurnal :

. Artayasa IN. Kebijakan Pemerintah Dalam Percepatan Penanganan Dampak Covid 19 Di Kota Denpasar. J Ilm Cakrawarti. 2020;3(2):34–9.

. World Health Organization. WHO COVID-19 global table data. 2021.

. Kompas. UPDATE Covid-19 di Jatim, DIY, Bali, NTT, NTB, Kalbar, dan Kalsel 18 Agustus 2021 [Internet]. 2021. Available from: https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/173833778/update-covid-19-di-jatim-diy-bali-ntt-ntb-kalbar-dan-kalsel-18-agustus-2021

. Health WHO, Programme E, Panel EA, Preparedness IPC, Guidance IPC, Group D, et al. Transmission of SARS-CoV-2 : implications for infection prevention precautions. 2020;(July):1–10.

. Stadnytskyi V, Bax CE, Bax A, Anfinrud P. The airborne lifetime of small speech droplets and their potential importance in SARS-CoV-2 transmission. Proc Natl Acad Sci U S A. 2020;117(22):11875–7.

. Cai J, Sun W, Huang J, Gamber M, Wu J, He G. Indirect Virus Transmission in Cluster of Covid-19 Cases. 2020;26(6):1343–5.

. Lepelletier.D, Grandbastien B, Michael J. Smart RBN. Potential sources, modes of transmission and effectiveness of prevention measures against SARS-CoV-2. Ann Oncol. 2020;(January):19–21.

. Kemenkes RI. 5 M DIMASA PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA [Internet]. 2021. Available from: http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2021/02/01/46/5-m-dimasa-pandemi-covid-19-di-indonesia.html

. Kemenkes RI. Question ( Faq ) Pelaksanaan Vaksinasi Covid-. 2020 [Internet]. 2021;1–16. Available from: https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/others/FAQ_VAKSINASI_COVID__call_center.pdf

. Al-Hanawi MK, Angawi K, Alshareef N, Qattan AMN, Helmy HZ, Abudawood Y, et al. Knowledge, Attitude and Practice Toward COVID-19 Among the Public in the Kingdom of Saudi Arabia: A Cross-Sectional Study. Front Public Heal. 2020;8(May):1–10.

. Retnasari L, Suyitno S, Hidayah Y. Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. J SOLMA. 2019;8(1):32.

. Azadirachta FL, Sumarmi S. Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Siswa Sekolah Dasar. Media Gizi Indones. 2018;12(2):107.

. Caesar DL, Dewi ER. Pengaruh Media Buku Saku Terhadap Pengetahuan Tentang Sanitasi Lingkungan Pada Kader Kesehatan Desa Cranggang. JKM (Jurnal Kesehat Masyarakat) Cendekia Utama. 2018;6(1):137.

. Ahmady A, Ashari AE. Efektifitas Buku Saku dalam Meningkatkan Pengetahuan Pendamping Ibu Nifas di Kabupaten Mamuju. J Kesehat Manarang. 2018;4(2):122.

. Augustine MN, Sulandjari S, Timur J. Peningkatan Pengetahuan Gizi Prakonsepsi Dengan Buku Saku Berbasis Android Dalam Pembinaan Pranikah DI KUA Gresik. 2021;1(April):38–47.

. Syahroni M, Amiq, Fahrial. Nurrochmah S. Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Futsal Untuk Wasit Futsal Di Kabupaten Pasuruan. Pendidik Jasm. 2016;26:304–17.

. Hidayah L, Norazizah Y. Pelaksanaan Kelas Pasutri Berbasis E-Book Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pasutri Berkaitan Perawatan Kehamilan. J Kesehat Masy Cendekia Utama Kudus. 2019;7(1).

Buku :

. Notoatmodjo. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta; 2014.

. Ramli , M.Pd DM. Media Teknlogi Pembelajaran. 2012. 1–3 p.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Larasati, M. H., Jupriyono, J., Sangkot, H. S., & Hadi, S. (2022). PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA BUKU SAKU ELEKTRONIK TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19. HEARTY, 11(1), 20–28. https://doi.org/10.32832/hearty.v11i1.7543

Issue

Section

Artikel