KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN ASPEK AKSES DAN KESETARAAN PENGGUNA LAYANAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA

Authors

  • Fahma Fitria Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA
  • Sarah Handayani Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA
  • Nur Asiah Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.32832/hearty.v11i1.8463

Keywords:

Akses, Kesetaraan, PKPR, Remaja

Abstract

Remaja merupakan seseorang dengan rasa ingin tahu yang sangat tinggi, sehingga sering sekali menyebabkan remaja terjerumus berbagai permasalahan kenakalan remaja. Demi menangani permasalahan tersebut, Kementerian Kesehatan menghadirkan strategi melalui program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Walaupun program PKPR sudah dijalankan, namun masih terdapat berbagai kekurangan seperti akses waktu layanan yang sulit dijangkau, lokasi Puskesmas yang kurang strategis, kurangnya informasi remaja, serta masih terdapat layanan yang tidak ramah remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan akses dan kesetaraan remaja terhadap layanan PKPR di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk dan Tamansari. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ialah masih terdapat beberapa permasalahan layanan PKPR di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk dan Tamansari seperti masih ada Puskesmas yang cukup sulit dijangkau remaja, waktu layanan PKPR yang sulit dijangkau, akses informasi terkait layanan PKPR yang belum sesuai dengan kebutuhan remaja, serta layanan yang tidak ramah remaja seperti pelayanan yang kurang baik, adanya diskriminasi dan stigma yang dirasakan oleh remaja. Namun biaya yang dibutuhkan untuk mengakses layanan PKPR sangat terjangkau. Layanan PKPR yang berada di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk dan Tamansari masih terdapat beberapa permasalahan, seperti waktu layanan PKPR yang sulit di akses, akses akan informasi yang belum sesuai dengan kebutuhan remaja, serta masih terdapat pelayanan kesehatan yang tidak ramah remaja.

References

Kemenkes RI. Infodatin: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia - Kesehatan Reproduksi Remaja. 2015. p. 15.

United Nations. Population Facts. 2015;2013–6.

Bappenas, BPS, UNFPA. Proyeksi Penduduk Indonesia Indonesia Population Projection 2010-2035. Bps. Jakarta: BPS; 2013. 24 p.

Badan Pusat Statistik Indonesia. Statistik Indonesia 2022. Stat Indones 2020 [Internet]. 2020;1101001:790. Available from: https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html

Kemenkes RI. Infodatin HIV AIDS [Internet]. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. 1–8 p. Available from: https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-2020-HIV.pdf

SDKI. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Sdki. 2013;16.

BNN. Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat [Internet]. Jakarta; 2018. Available from: https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/

Arsani NLKA, Agustini NNM, Purnomo IKI. Peranan Program Pkpr (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) Terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja Di Kecamatan Buleleng. J Ilmu Sos dan Hum. 2013;2(1):129–37.

Winangsih R. Persepsi Remaja Terhadap Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja Di Wilayah Puskesmas Kuta Selatan. 2015;

Yayasan Kesehatan Perempuan. Implementasi Program PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) Terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja di DKI Jakarta. J Kesehat Jakarta. 2017;

Creswell JW. Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3rd). Intercult Educ. 2009;20(2):127–33.

Fadli MR. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika. 2021;21(1):33–54.

Friskarini K, Sahat H, Manalu P. Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Tingkat PUSKESMAS DKI Jakarta (Implementation of Adolescent Friendly Health Services (AFHS) at Primary Health Care in Jakarta). J Ekol Kesehat. 2016;15(1):66–75.

Matahari R, Utami FP. Kesiapan Puskesmas dalam Implementasi Pelayanan Kesehatan Ramah Remaja di Kota Yogyakarta. War Bhakti Husada Mulia. 2016;4(2):79–83.

Handayani S dan ER. Pemanfaatan Layanann PKPR Oleh Remaja di Wilayah Kerja Puskesmas Miroto Semarang. Stikes Cendekia Utama Kudus. 2016;2(4).

Asmariva H. Implementasi Program Pelayanan Kesehatanpeduli Remaja (Pkpr) Di Puseksmas Senapelan Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. 2015;151:10–7.

Rostina. Layanan PKPR. 2009;

Situmorang A. Pelayanan kesehatan reproduksi remaja di puskesmas: Isu dan tantangan. J Kependud Indones. 2011;6 (2):12.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Fitria, F., Handayani, S., & Asiah, N. (2022). KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN ASPEK AKSES DAN KESETARAAN PENGGUNA LAYANAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA. HEARTY, 11(1), 12–19. https://doi.org/10.32832/hearty.v11i1.8463

Issue

Section

Artikel