RANCANG BANGUN APLIKASI KASIR BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Toko Abah Pancing)
DOI:
https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i1.4061Abstrak
Toko Abah pancing merupakan sebuah toko yang bergerak di bidang penjualan perlengkapan alat-alat pancing di kota Bogor. Saat ini, telah memiliki jumlah barang alat – alat pancing yang banyak, sehingga mendorong pihak Pemilik Toko untuk terus meningkatkan kualitas layanan baik dalam kualitas dan kuantitas. Salah satu permasalahan yang terjadi pada Toko Abah Pancing menyangkut masalah informasi ketersedian stok barang dan informasi harga barang yang masih dilakukan secara manual dengan melihat stok yang tersedia di gudang. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi mobile, terjadi perubahan sudut pandang masyarakat sehingga masyarakat kini memanfaatkan teknologi komunikasi mobile tidak hanya sebatas alat komunikasi saja, namun juga sebagai alat untuk mencari ragam informasi. Berdasarkan uraian diatas diperlukan sebuah aplikasi android yang dapat membantu menyampaikan informasi harga barang dan stok barang kepada pemilik dan penjaga toko. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pembangunan aplikasi inventori berbasis android di Toko Abah Pancing. Perancangan dilakukan dengan model Object Oriented Design (OOD) yang mempergunakan tools Unified Modeling Language (UML), implementasi dilakukan dengan pembuatan aplikasi android. Pada aplikasi inventori di Toko Abah Pancing terdapat 3 kategori barang yang di tampilkan yaitu: joran, tas joran, dan rill, dengan Aplikasi Mobile di Toko Abah Pancing bisa di terapkan untuk mendapatkan informasi harga barang di Toko Abah Pancing.Referensi
Achmad Solichin, MySQL 5: Dari Pemula Hingga Mahir, versi 1.0, Jakarta, 2010.
Adhi Prasetio, Buku Sakti Web Master, cetakan kedua, Media Kita, Jakarta, 2014.
Daihani, D. 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Fathansyah, Basis Data, Edisi Revisi, Informatika, Bandung, 2012.
Kosasi, S. 2002. Sistem Penunjang Keputusan (DecisionSupport System).
Pontianak.
Kusumadewi. 2006. Fuzzy Multi- Atrribute Decision Making (Fuzzy MADM).
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Moh. Nazir, Ph.D., Metode Penelitian, Cetakan kesembilan,
Ghalia Indonesia, 2014.
Roger S. Pressman, Ph.D., Software Engineering: A Practitioaner's Approach,
Fifth Edition, Thomas Catson, 2001
Sianturi Ingot Seen., "Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pemilihan
Jurusan Siswa dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP) (Studi Kasus: SMA SWASTA HKBP DOLOKSANGGUL)”. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Volume: I, Nomor : 1, Oktober 2013.