Analisis Biaya Produksi Jangka Pendek Pada Bisnis Konveksi Rok Rempel Di Kampung Cibarengkok, Kabupaten Bogor

Penulis

Abstrak

Konveksi adalah proses pembuatan produk pakaian atau tekstil dalam jumlah besar menggunakan mesin dan peralatan produksi khusus yang dimiliki oleh perusahaan konveksi. Pengusaha konveksi harus memiliki perhitungan harga pokok produksi dan perhitungan  tersebut itu tidak  lepas  dari  masalah  biaya,  yaitu biaya  bahan  baku,  tenaga  kerja  langsung  dan biaya  overhead  pabrik  yang  semuanya  perlu  diperhatikan  tingkat  kegunaannya  dalam suatu  produk  agar  tercipta  harga  pokok  produksi  yang  efektif. Biaya produksi merupakan biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Penelitian ini membahas mengenai biaya produksi dari sebuah konveksi rok rempel di kampung Cibarengkok. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif, yang berupa wawancara dan observasi lapangan. Hasil dari penilitian ini menunjukan konveksi yang terletak di daerah Kampung Cibarengkok,telah memproduksi sebanyak 18.000 pcs rok rempel selama satu bulan dengan harga jual sebesar Rp. 65.000 adalah sebesar Rp. 949.810.000. Lalu dari total penghasilan tersebut dikurangi dengan harga pokok penjualan (HPP) yang terdiri dari biaya bahan baku kain, biaya bahan penolong, biaya gaji karyawan, biaya listrik, biaya perawatan mesin jahit dan biaya distribusi sebesar Rp. 1.170.000.000. Sehingga pengusaha konveksi memiliki keuntungan yang didapat dalam sebulan yaitu sebesar Rp. 220.190.000 dan keuntungan yang didapat dalam sehari yaitu sebesar Rp. 9.174.583.

Biografi Penulis

Shabrina Talitha Andani, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Saya mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Diterbitkan

2025-05-15

Cara Mengutip

Andani, S. T., Rahmi, C., Ulzana, N., & Masdiningrat, M. R. (2025). Analisis Biaya Produksi Jangka Pendek Pada Bisnis Konveksi Rok Rempel Di Kampung Cibarengkok, Kabupaten Bogor. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Dan Bisnis (JMAB), 4(1), 1–10. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JHARMONI/article/view/15950

Terbitan

Bagian

Articles