ANALISIS PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KAMPUNG WISATA HORTA BERDASARKAN PERSFEKTIF EKONOMI SYARIAH

Authors

  • Yudi Setiawan Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/kasaba.v13i2.3475

Keywords:

tourist, community development, economic empowerment

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang potensial untuk meningkatkan perekonomian negara dan pembangunan daerah. Bahkan sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi penghasil devisa nomor satu. Sektor pariwisata dapat meningkatkan ekonomi suatu daerah dimana masyarakat sekitar obyek wisata berpartisipasi dalam kegiatan obyek wisata tersebut, sehingga mengurangi tingkat pengangguran dan tingkat kemiskinan. Masyarakat sekitar obyek wisata selain mendapatkan pendapatan juga mendapatkan pelatihan-pelatihan sehingga dapat meningkatkan skill atau kemampuan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kampung horta terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap obyek wisata kampung horta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, sedangkan sifat dari penelitian ini adalah bersifat deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Variabel kampung horta berpengaruh secara signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi kampung horta sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Kegiatan yang ada di kampung horta sudah sesuai dengan teori ekonomi islam diantaranya yaitu tujuan adanya kampung horta untuk kemaslahatan masyarakat, kampung horta berusaha untuk mencegah adanya tindak kejahatan seperti perampokan dan pornografi ini sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan pariwisata, dan kegiatan usaha kampung horta menurut ekonomi islam dikenal dengan al-Ijarah yang artinya sewa, lahan yang digunakan kampung horta merupakan lahan masyarakat sekitar yang digunakan untuk kegiatan kampung horta.

References

Misno, A. 2018. Analisis Praktik Pariwisata Syariah Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Ad-Deenar, Vol. 2, No. 2

Subarkah, A. R. 2018. Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus:Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sospol, Vol. 4, No.2.

Rosiyanti, A. W. dan M.H. Dewi Susilowati. 2017. Perkembangan Obyek Wisata di Kabupaten Bogor. Industrial Research Workshop and Nations Seminar Politeknik Negeri Bandung.

Ilmi, S. 2017. Konsep Pengentasan Kemiskinan Perspektif Islam. Al-Maslahah. Vol.13, No.1.

Ramadhany, F dan Ahmad Ajib Ridlwan. 2018. Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat. Muslim Heritage, Vol.3, No.1.

Febrianti, D dan Agung Suprojo. (2019). Analisis Dampak Wisata Terhadap Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 8, No. 3.

Priyadi, U.(2016). Pariwisata Syariah Prospek dan Perkembangan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Tanjung, H dan Abrista Devi.(2018). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Bekasi : Gramata Publishing.

Beik, Irfan Syauqi dan Laily Dwi Arsyianti.(2016). Ekonomi Pembangunan Syariah. Depok : PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Nurhasanah, S.(2016). Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Jakarta : Salemba Empat

Herlina, V.(2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Published

2020-12-31

How to Cite

Setiawan, Y. (2020). ANALISIS PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KAMPUNG WISATA HORTA BERDASARKAN PERSFEKTIF EKONOMI SYARIAH. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 13(2), 90–100. https://doi.org/10.32832/kasaba.v13i2.3475

Issue

Section

Reviewing