Kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap pemecahan masalah: Systematic literature review

Penulis

  • Resi Hannur UIN SYAHADA
  • Suparni
  • Anita Adinda

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah matematika merupakan dua kemampuan yang sangat diperlukan oleh setiap orang dalam menghadapi kehidupan, khususnya siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis studi-studi kualitatif tentang kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah matematika yang dilakukan dalam kurun waktu 2018 – 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review) terhadap semua artikel hasil penelitian kualitatif yang terindeks dalam Sinta dan Google Scholar. Studi ini digunakan untuk mendapatkan kekuatan kajian ilmiah dalam membangun kerangka kerja kemampuan komunikasi matematika terhadap pemecahan masalah matematika melalui jenis indikator yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari kajian beberapa artikel tentang komunikasi matematika dan pemecahan masalah matematika, dalam kajian ini merekomendasikan jenis komunikasi matematika terhadap pemecahan masalah matematika yaitu: 1) menyatakan situasi, gambar atau benda nyata dalam bahasa, atau simbol matematika, 2) menjelaskan dan memahami representasi matematika. 3) mendengarkan dan menulis yang berkaitan dengan matematika, 4) menjelaskan dan membuat konjektur dan pertanyaan yang telah dipelajari.

Diterbitkan

2023-08-11

Cara Mengutip

Hannur, R., Suparni, & Adinda, A. (2023). Kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap pemecahan masalah: Systematic literature review. KOMUNIKA, 7(1), 75–82. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Komunika/article/view/14531

Terbitan

Bagian

Artikel