Analisis Konten Dakwah Pada Website ahmadsastra.com

Penulis

  • Intan Intan Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun
  • Gunawan Ikhtiono Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v4i1.4885

Abstrak

Based on the formulation of the problem, the purpose of this study is to determine the background of the establishment of the AhmadSastra.com website and what kind of da'wah content is contained in it. The focus of this research in on the da'wah content presented in the AhmadSastra.com Actual Opinion Rubric as a source of information. The research method used by researchers in this study is a qualitative approach with content analysis methods and Teun Van Dijk discourse analysis theory. During the research, researchers directly observed this website quite intensively. This is done in order to know and understand more closely what kinds of content are usually contained in AhmadSastra.com actual opinion rubric. The result of this research is that the da'wah contents are dominated by the message of faith and sharia. Moral messages are found only as reinforcement in his articles. Based on the research results, the conten of the da'wah in this rubric is not only about worship. More than that, according to the background of the founding of this website, the message of the author is about invitation messages, appeals, orders, criticism, and quick responses to publicity issues with language that is straightforward, firm, hard, and sometimes leaves spicy messages.

Abstrak

Berdasarkan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya website AhmadSastra.com dan konten-konten dakwah seperti yang apa yang termuat di dalamnya. Fokus dari penelitian ini adalah pada konten dakwah yang tersaji dalam Rubrik Opini Aktual AhmadSastra.com. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dan teori analisis wacana Teun Van Dijk. Selama penelitian berlangung,  peneliti  mengamati langsung website ini dengan cukup intens.  Hal ini dilakukan agar mengetahui  dan memahami dengan lebih dekat tentang  konten-konten  yang seperti  apa saja   yang biasa tertuang dalam rubrik opini aktual AhmadSasra.com  ini. Hasil dari penelitian ini yaitu konten-konten dakwah didominasi oleh pesan akidah dan syariah. Pesan akhlak didapati hanya menjadi penguat atau penghias dalam artikel-artikel rubrik opini AhmadSastra.com. Berdasarkan hasil penelitian, konten-konten dakwah pada rubrik ini, bukan hanya berisikan tentang pesan peribadatan saja. Lebih dari itu, sesuai dengan latar belakang berdirinya website ini, pesan dakwah yang disampaikan penulis adalah tentang pesan-pesan ajakan, himbauan, perintah, kritikan, dan respon cepat atas isu-isu keummatan dengan bahasa yang lugas, tegas, keras, dan terkadang berkesan pedas.

Referensi

Aan, Komarih & Djam'an, Satori. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta.

Abdul Aziz, Abdullah. (2007). Cara mudah memahami aqidah sesuai Al-Qur'an, As- Sunnah, dan pemahaman salafus shalih. Pustaka At-Tazkia.

Abdullah, Rohi. (2015). Web programing is easy. Elek Media Komputindo.

Abdullah. (2019). Ilmu dakwah kajian ontologi, epistemologi, aksiologi, dan aplikasi dakwah. PT. RajaGrafindo Persada.

Alexa Internet. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Alexa_Internet

Ali Aziz, Mohammad. (2009). Ilmu dakwah. Prenada Media.

Amin, Samsul Munir. (2009) Ilmu Dakwah. Amzah.

Aziz, Mohammad. (2004). Ahli ilmu dakwah. Prenada Media.

Bekti, Bintu Humairah. (2015). Mahir membuat website dengan adobe dreamweaver CS6, CSS dan jquery. Andi.

Betha, Sidik. (2014). Pemrograman Web dengan PHP. Santika Kencana.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2020). http://kbbi.web.id/

Mahmud, Yunus. (1990). Kamus Arab Indonesia. Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah.

Munir & Wahyu Ilahi. (2006). Manajemen dakwah. Prenada Media.

Munir, Syamsul Amin. (2008). Rekonstruksi pemikrian dakwah Islam. Amzah.

Nasrullah, Rulli. (2016). Media sosial perspektif komunikasi, budaya, sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, Rulli. (2017). Media sosial perspektif komunikasi, budaya, sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Pendidikan Nasional, Departemen. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Pendidikan Nasional, Departemen. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat. Gramedia Pustaka Utama.

Perdagangan RI, Kementrian. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementrian Perdagangan RI. Tim Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI Pusat.

Peter Salim & Yenny Salim. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Modern English Press.

Prastowo, Andi. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Ar Ruzz Media.

Saleh, Setiadi. (2010). 30 menit mengenal Islam. Cicero Publishing.

Saputra, Wahidin. (2011). Pengantar ilmu dakwah. PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, R. R. N., & Ariefana, P. (2018). Kontroversi Bendera Tauhid, Jubir: HTI Tidak Punya Bendera. https://amp.suara.com/news/2018/10/25/120508/kontroversi-bendera-tauhid-jubir-hti-tidak-punya-bendera

Sobur, Alex. Analisis teks media; suatu pengantar untuk analisis wacana, semiotik dan analisis framming. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Alfbeta.

Suhandang, Kustadi. (2013). Ilmu dakwah perspektif komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Sumadiria, Haris. (2005). Menulis artikel dan tajuk rencana. Simbiosis Rekatama Media.

Toto, Tasmara. (1997). Komunikasi dakwah. Gaya Media Pratama.

Wikipedia. (2020). Wikipedia.id

Diterbitkan

2020-06-18

Cara Mengutip

Intan, I., & Ikhtiono, G. (2020). Analisis Konten Dakwah Pada Website ahmadsastra.com. KOMUNIKA, 4(1), 10–27. https://doi.org/10.32832/komunika.v4i1.4885

Terbitan

Bagian

Artikel