Efektivitas dakwah LDK Al-intisyar di media sosial instagram terhadap sikap dan kepercayaan anggota LDK Al-intisyar

Penulis

  • Diky Arisandy
  • Dahlan R

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v6i1.6829

Kata Kunci:

Media sosial, Instagram, Efektivitas dakwah, Sikap, Kepercayaan

Abstrak

Abstract

Fast-paced progress from time to time, social media has undergone a significant change, the article in almost all aspects of human life cannot be separated from social media. In 2016 social media users reached 2.31 billion and in the last five years in 2021 it reached 4.2 billion active users.social media network Instagram has now been widely used by the entire world population because Instagram can share information with others in the form of photos, posters and videos. Da'wah is calling people to do good and guided by the teachings of Islam, inviting people to do good and stay away from all forms of disobedience in order to obtain pleasure in this world and the hereafter. Until now, many Islamic da'wah communities use Instagram as a medium for preaching, one of which is the Al-Intisyar Campus Da'wah Institute which has an Instagram named @alintisyar_ldk to spread Islamic symbols both to all LDK Al-Intisyar followers themselves and toactive community of  Instagram . This study aims to find out how response of followers who are members of LDK Al-Intisyar to the effectiveness of propaganda posters uploaded by the Instagram @alintisyar_ldk using the theory of effectiveness of preaching KH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid and how the message of the propaganda poster in it has meaning, invitation and practice to do good in the teachings of Islam. Based on the results of research that has been carried out on the Instagram , there are 3 propaganda posters that can influence the attitudes and beliefs of members who are Instagram followers LDK Al-Inisyar Isra and Miraj Nabi Muhammad SAW.

Abstrak

Kemajuan zaman yang serba cepat dari masa ke masa, media sosial mengalami sebuah perubahan yang signifikan, pasalnya hampir di seluruh aspek kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dengan media sosial. Pada tahun 2016 pengguna media sosial mencapai 2,31 Miliar dan lima tahun terakhir pada tahun 2021 mencapai 4,2 Milliar pengguna aktif. Jejaringan media sosial Instagram kini telah banyak digunakan oleh seluruh penduduk dunia dikarenakan pengguna Instagram dapat membagikan informasi kepada orang lain berupa foto, poster dan vidio. Dakwah adalah menyeru manusia untuk berbuat kebaikan serta berpedoman kepada ajaran agama Islam, mengajak manusia berbuat kebajikan dan menjauhi segala bentuk perbuatan kemaksiatan agar memperoleh kenikmatan dunia dan akhirat. Hingga saat ini banyak komunitas dakwah Islam yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media berdakwah, salah satunya lembaga dakwah kampus (LDK) Al-Intisyar yang mempunyai akun media sosial dakwah Instagram yang bernama @alintisyar_ldk  untuk menyebarkan syiar islam baik kepada followers LDK Al-Intisyar sendiri maupun kepada seluruh masyarakat aktif pengguna Instagram lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon followers yang merupakan anggota LDK Al-Intisyar terhadap efektivitas dakwah poster yang diunggah oleh akun Instagram @alintisyar_ldk menggunakan teori efektivitas dakwah KH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid serta bagaimana pesan poster dakwah yang didalamnya memiliki makna, ajakan dan mengamalkan untuk berbuat kebaikan dalam ajaran agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam akun Instagram LDK Al-Intisyar terdapat tiga poster dakwah yang dapat mempengaruhi sikap dan kepercayaan anggota yang merupakan followers Instagram LDK Al-Inisyar untuk mengajak berbuat kebaikan, saling tolong menolong terhadap sesama dan mempercayai peristiwa isra dan miraj Nabi Muhammad SAW.

Referensi

Rosid, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Efektivitas Dakwah. (Studi kasus akun Instagram @kajian.ustadz.abdulsomad) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2020.

Purbohastuti, A., (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Tirtayasa EKONOMIKA. Vol 12, No 2, Oktober 2017.

Riyanto, A. (2021). Pengguna Media Sosial Di Indonesia. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesia-digital-report-2021.

Stephanie, C. (2021). Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet Dan Medsos Setiap Hari. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari?page=all.

Subhi, D., (2020). Keimanan Dalam Perspektif Islam. Jurnal UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Bayu, D. (2021). Pengguna Media Sosial Didunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/18/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-capai-42-miliar.

Fatmawati, E., (2020). Kebebasan Informasi Kalangan Milenial Dalam Bermedia Sosial. Jurnal Perpustakaan Univesitas Airlangga, Vol. 10 Nomor 2 Juli-Desember 2020: 94-103.

Nugrahani, F., (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Penerbit Cakra Books 2014.

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial, Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol 4 No. 1, Juni 2020.

Mashitoh, I. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Dengan Konflik Interpersonal Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Lembaga Fakultas x. Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Inderalaya. 2019.

Abror, K. (2019). Fiqh Ibadah. Lampung, Penerbit CV. Arjasa Pratama Bandar Lampung. ISBN 978-602-0713-81-6.

Rahmayanti, L., Antosa, Z., & Adiputra, M. Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 9 No1 Februari 2020, ISSN 2303-1514 E-ISNN 2598-5949.

Wahyuni, L. (2019). Pesan-Pesan Dakwah Instagram @SAHABAT_ISLAMI Dalam Meningkatkan Kesadaran Keagamaan, (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam KPI Fakulatas Dakwah dan Komunikasi). Jurnal Media Kajian Komunikasi Islam PEURAWI. vol. 2 No 2 Tahun 2019.

Harahap, M. & Adeni, S. (2020). Tren Pengguna Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal professional FIS UNIVED. Vol.7 No. 2 Desember 2020.

Al Kusani, M. (2019). Analisis Konten Dakwah Remaja Dalam Akun Instagram @HANAN_ATTAKI. Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Hasan, M. (2013). Metodologi Pengembangan Ilmu Dakwah. Surabaya: Penerbit Pena Salsabila 2013. ISBN : 978-602-9045-79-6.

Adani, M. (2020). Pengaruh Media Sosial dan Manfaat Untuk Bisnis. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/media-sosial-untuk-bisnis/

Arifuddin, M. & Irwansyah (2019). Dari foto dan video ke toko : perkembangan instagram dalam perspektif konstruksi sosial. Jurnal komunikasi dan kajian media. vol 3, No 1, April 2019 : 37-55.

Fadli, M. Sufiyadi, & Wisman. (2020). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalan Menggunakan Bahasa Yang Bijak Di Media Sosial Pada Era Digitalisasi. Jurnal Abdi Pendidikan. Vol 01 No 01 April 2020.

Wulandari, R. & Netrawati, N. (2020) Analisis Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. Jurnal JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). Vol. 5, No.2, 2020, pp. 41-42.

Arifin, R. (2020) Pengertian Instagram. https://dianisa.com/pengertian-instagram/.

Al-Fauzan, S. (2010) Kitab Tauhid. Jilid 2, Jakarta. Penerbit Darul Haq, ISBN : 978-979-9137-15-9.

Sidiq, U. & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. (Ponorogo : Penerbit Cv. Nata Karya, 2019) ISBN-978-602-5774-41-6.

Ningsih, Y. (2021). Fiqih Ibadah. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia 2021, ISBN: 978-623-6882-95-5.

Munawar, Z. (2017). Penggunaan Profil Media Sosial Untuk Memprediksi Kepribadian. Tematik- Jurnal teknologi informasi komunikasi, Bandung, Volme 4 nomor 2 Desember 2017, Perbitkan LPPM POLITEKNIK LP3I.

Diterbitkan

2022-07-17

Cara Mengutip

Arisandy, D., & R, D. (2022). Efektivitas dakwah LDK Al-intisyar di media sosial instagram terhadap sikap dan kepercayaan anggota LDK Al-intisyar. KOMUNIKA, 6(1), 35–54. https://doi.org/10.32832/komunika.v6i1.6829

Terbitan

Bagian

Artikel