Optimalisasi dakwah keluarga di masa pandemi Covid 19

Penulis

  • Arif Taufikurrohman
  • Evi Khulwati
  • Tatang Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v7i2.7489

Kata Kunci:

Covid-19, Family Da'wah, Optimization, Pandemic, Virus

Abstrak

Dakwah dalam Islam adalah tindakan mengajak orang lain untuk memeluk ajaran dan keyakinan Islam. Ini adalah konsep mendasar yang bertujuan untuk menyebarkan pesan Islam dan mendorong cara hidup yang benar. Proses optimalisasi tersebut meliputi pendidikan melalui pengkajian kitab-kitab agama, keteladanan perilaku keutamaan Islam, pembinaan komunikasi terbuka, penerapan praktis prinsip-prinsip agama dalam kehidupan sehari-hari, kemasyarakatan, dan kemampuan beradaptasi terhadap beragam kebutuhan anggota keluarga. Optimalisasi dakwah keluarga dengan demikian berupaya menjadikan unit keluarga sebagai benteng nilai-nilai Islam dan sumber dampak positif kolektif. Munculnya virus pandemi Covid-19 di penghujung tahun 2019 mengubah hampir seluruh sendi kehidupan manusia di berbagai negara. Sistem jarak sosial diterapkan untuk mengurangi penyebarannya. Dihimbau untuk tetap tinggal di rumah. Sekolah dan kampus diberbagai jenjang pendidikan terpaksa ditutup, begitu pula masjid. Hal ini menjadikan keluarga mempunyai peran yang sangat vital di masa pandemi. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan metode dalam mengoptimalkan dakwah keluarga di masa pandemi Covid-19. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil diskusi menyimpulkan bahwa beberapa tahapan harus dilakukan untuk mengoptimalkan dakwah keluarga, khususnya di masa pandemi Covid-19, tahapan tersebut antara lain: pertama, penguatan visi misi keluarga muslim; kedua, penyiapan program dakwah keluarga; ketiga, sosialisasi program dakwah keluarga; keempat, menentukan materi dakwah; kelima, mutaba'ah; keenam, evaluasi. Sedangkan metode yang digunakan antara lain keteladanan, hiwar (dialog), mauidhah hasanah (nasihat), tugas, dan voucher hadiah.

Referensi

An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam Di Rumah Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.

Anon. 2018. "Aplikasi Quran in Word Versi 64 - 3.0.”

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Al Hamat, Anung. 2018. "Representasi Keluarga Dalam Konteks Hukum Islam.” YUDISIA : Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam 8(1):139. doi: 10.21043/yudisia.v8i1.3232.

Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. 2018. "Paradigma Islam Dalam Metodologi Penelitian Dan Implikasinya Terhadap Penelitian Pendidikan Agama Islam.” Tadrib IV(2):225–45. doi: https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2507.

Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. 2019. "Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam 19(1):159–81.

Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin. 2018a. "Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami.” Jurnal Mudarrisuna : Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8(22):218–44. doi: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397 0 Ta.

Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin. 2018b. "Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ta'dib : Jurnal Pendidikan Islam VII(2):1–15.

Hidayat, Tatang, and Toto Suryana. 2018. "Menggagas Pendidikan Islam : Meluruskan Paradigma Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3(1):75–91.

Hidayat, Tatang, and Makhmud Syafe'i. 2018a. "Filsafat Perencanaan Dan Implikasinya Dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Lentera Pendidikan 21(2):188–205. doi: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i5.

Hidayat, Tatang, and Makhmud Syafe'i. 2018b. "Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Rayah Al-Islam : Jurnal Ilmu Islam 2(1):101–11.

Hidayat, Tatang, and Syahidin. 2019. "EDUCATION VALUES BASED ON THE THINKING OF K.H. CHOER AFFANDI AND THEIR RELEVANCE TO THE MODERN EDUCATION (The Study of The Legendary Islamic Scholar Of Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Tasikmalaya).” Tadris 14(1):40–59. doi: 10.21831/JPK.V0I3.1246.

Hidayat, Tatang, Syahidin, and Ahmad Syamsu Rizal. 2019. "Prinsip Dasar Falsafah Akhlak Omar Mohammad Al - Toumy Al - Syaibany Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Kajian Peradaban Islam 2(1):10–17.

Hidayat, Tatang, Syahidin, and Ahmad Syamsu Rizal. 2021. "Filsafat Metode Mengajar Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(2):94–115.

Johns Hopkins Coronavirus Resource Center. 2020. "COVID-19 Map - Johns Hopkins Coronavirus Resource Center.” Johns Hopkins Coronavirus Resource Center.

KBBI. 2016. "Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ).” Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Munir, Z. A., U. Anselmi-Tamburini, and M. Ohyanagi. 2006. "The Effect of Electric Field and Pressure on the Synthesis and Consolidation of Materials: A Review of the Spark Plasma Sintering Method.” Journal of Materials Science.

Nur, Dalinur M. 2011. "Dakwah Teori, Definisi Dan Macamnya.” Wardah 23:135–41.

Patilima, Hamid. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Chi Hyun Choi, and Ratna Setyowati Putri. 2020. "Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1):1–12.

Setiawan, Adib Rifqi. 2020. "Lembar Kegiatan Literasi Saintifik Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):28–37. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.80.

Ulwan, Abdullah Nasih. 2002. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Taufikurrohman, A., Khulwati, E., & Hidayat, T. (2023). Optimalisasi dakwah keluarga di masa pandemi Covid 19. KOMUNIKA, 7(2), 75–87. https://doi.org/10.32832/komunika.v7i2.7489

Terbitan

Bagian

Artikel