Analisis konten syiar dakwah aqidah dalam akun instagram ustadz @syahronimardani

Penulis

  • Nurul Azmi Maulida Universitas Ibn Khaldun
  • Sutisna

Kata Kunci:

Dakwah, Media Sosial, Instagram

Abstrak

Media sosial menjadi salah satu wadah untuk penyebaran informasi, selain itu saat ini media sosial juga menjadi tempat untuk penyebaran dakwah islam yang sangat bermanfaat dan dapat mempengaruhi penggunanya, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, siapapun bisa mengakses apa saja yang ingin diakses. Semakin banyak da’i yang menyebarkan dakwah melalui media sosial karena mudah untuk disebarluaskan, terutama pada media sosial instagram. Saat ini instagram banyak digunakan oleh generasi muda karena mepunyai banyak fasilitas untuk berbagi media seperti foto, video, audio. Pada penelitian ini membahas tentang analisis konten syiar dakwah aqidah dalam akun instagram ustadz @syahronimardani pada periode November – Desember 2021. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui isi pesan dakwah yang bertema aqidah yang meliputi tentang ketuhanan atau keyakinan atas ketentuan Allah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan analisis isi, metode ini dipakai untuk menjelaskan ataupun memahami tentang suatu permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian didapati bahwa konten syiar dakwah yang disampaikan melalui video berdurasi singkat mempunyai sumber yang jelas yaitu dari Al-Qur’an dan sunnah. Bahasa yang digunakan untuk penyampaian dakwahnyapun memakai bahasa yang ringan, singkat, mudah dipahami dan diselisihi dengan humor yang diharap tidak membuat penonton menjadi jenuh. Adanya konten dakwah yang disampaikan melalui video singkat dalam instagram diharapkan bisa mempunyai nilai positif untuk masyarakat yang ingin belajar tentang keagamaan. Penelitian ini memiliki kendala saat melakukan wawancara karena wawancara dilakukan secara online sehingga saat peneliti memberikan petanyaan yang mirip dengan pertanyaan sebelumnya tapi memiliki makna berbeda, narasumber memberikan jawaban yang sama dan peneliti harus menjelaskan ulang pertanyaan agar jawaban yang diberikan tepat. Berdasarkan hasil penelitian perlu dilakukan upaya untuk mempertahankan kualitas penyebaran dakwah dengan berproses agar terus berkembang dan meningkatkan minat masyarakat untuk menonton konten dakwah.

Biografi Penulis

Nurul Azmi Maulida, Universitas Ibn Khaldun

Komunikasi dan Penyiaran Islam, A

Diterbitkan

2023-08-11

Cara Mengutip

Maulida, N. A., & Sutisna. (2023). Analisis konten syiar dakwah aqidah dalam akun instagram ustadz @syahronimardani . KOMUNIKA, 7(1), 50–63. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Komunika/article/view/7873

Terbitan

Bagian

Artikel