Hubungan antara perilaku menonton akun instagram @ahilmanfauzi dan perilaku ketauhidan mahasiswa Fakultas Agama Islam tahun 2018 Universitas Ibn Khaldun Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/komunika.v7i1.7896Kata Kunci:
Kuantitatif, Menonton, Tauhid.Abstrak
Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer karena menampilkan berbagai fitur-fitur yang menarik sehingga dapat digunakan oleh penggunannya untuk berdakwah. Metode berdakwah melalui Instagram cukup menarik banyak perhatian berbagai kalangan terutama remaja. Salah satu pendakwah yang konsisten berdakwan di Instagram yaitu Ustadz Hilman Fauzi dalam akun instagramnya yaitu @ahilmanfauzi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku menonton Instagram @ahilmanfauzi dan perilaku tauhid mahasiswa Fakultas Agama Islam Tahun 2018 Universitas Ibn Khaldun Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi 336 mahasiswa, penghitungan sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan hasil sebanyak 80 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini adalah Ha diterima karena nilai signifikansi korelasi 0.000 < 0,05 dan nilai R hitung 0.590 > R tabel 0.220 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif maksudnya adalah semakin meningkatnya perilaku menonton maka akan semakin meningkat perilaku tauhid mahasiswa fakultas agama islam Tahun 2018 Universitas Ibn Khaldun Bogor. Limitasi dalam penelitian ini terletak pada masih banyak dari mahasiswa yang mengenal namun tidak memfollow akun Instagram @ahilmanfauzi sehingga peneliti kesulitan dalam mencari responden. Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi para mahasiswa untuk menonton suatu yang positif akan menghasilkan perilaku yang positif.
Referensi
Roadia. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Terjadinya Kejahatan Mayantara (Cybercrime). Jurisprudentie, 6.(2).
Icol, Dianto. 2018. "Peranan Dakwah Dalam Proses Pengembangan Masyarakat Islam”. Hikmah, 12 (1): 98-118.
https://uloom.id/speaker/ustadz-hilman-fauzi/ diakses pada 23 april 2022
https://bogor.ayoindonesia.com/berita-bogor/pr-31868227/Komunitas Teman-Hijrah-Sahabat-Perjalanan-Hijrah-Milenial-Bogor diakses pada 25 april 2022
Puguh, Kurniawan. (2017). "Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh” . Kompetensi, 11(2): 223-224.
https://cariustadz.id/ustadz/detail/Hilman-Fauzi,-M.ESy. diakses pada 18 Mei 2022
Diah, Ningrum. (2015). "Kemerosotan Moral Dikalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab.” UNISIA, 37 (82).
Muhammad, Teungku A M. 2019. " Pengantar Tauhid " . Jakarta : Prenadamedia Group.
Noor, Hasni. (2012). "Tauhid Sebagai Dasar Pendidikan Islam”. Al'Ulum, 53 (3).
Tanjung, Hendri dan Abrista Devi.2018. "Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Edisi Ke 2”.Bekasi : Gramata Publishing.
R., M. Dahlan. 2016. "Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak”. Yogyakarta : Deepublish.
Anshori, H. Muslich dan Hj. Sri Iswati. 2017. "Metodologi Penelitian Kuantitatif”. Surabaya : Airlangga University Press.
Herlina, Vivi. 2019. "Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS”. Jakarta : PT Gramedia.
Siti Aminah. 2021. "Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sman 5 Kota Bogor”. Skripsi. Bogor : Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Suwaid, Muhammad. 2019. "Pendidikan tauhid menurut ibnu taimiyah”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.8, No.2.
Sidiq,Anwar. 2017. "Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah ( Study Akun @fuadbakh). Undergraduate Thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Sunoto.2010.”Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Surat Al Fatihah”. Skripsi. Surakarta : STAIN Surakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.