PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MAMPANG 3 DEPOK

Authors

  • Lika Nurlia Yasa Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Zainal Abidin Arief
  • Herawati Herawati

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Concrete Pictorial Abstract (CPA), Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik menggunakan Pendekatan Concrete Pictorial Abstract Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Mampang 3 Depok serta untuk mengetahui kelayakan dan efektivitasnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). model pengembangan pembelajaran yang digunakan adalah model Borg and Gall yang diintegrasikan dengan model pembelajaran Dick and Carey pada tahap Desain model produk Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Concrete Pictorial Abstract. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji kelayakan antara lain (1) hasil pengujian materi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 99% dan dikategorikan sangat layak; (2) hasil pengujian media pembelajaran sebesar 85% dan berada pada kategori layak; dan (3) hasil pengujian desain pembelajaran sebesar 91.6% dan dikategorikan sangat layak. Hasil uji One to One diperoleh persentase sebesar 96% dan diklasifikasikan dalam kategori sangat layak, hasil uji kelompok kecil dikategorikan sangat layak (97%) dan hasil pengujian lapangan juga berada pada kategori sangat layak (99%). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dilakukan melalui pengujian nilai N-Gain dari hasil pre test dan post test. Hasil yang diperoleh sebesar 0,76 (76%). Berdasarkan nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang sedang dikembangkan efektif.

References

Amalia R., &. F. (2018). Teori Behavioristik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-11.

Anggreani, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3500-3508.

Fahrurrozi & Syukrul, H. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Pancor Selong Lombok Timor NTB: Universitas Hamzanwadi Press.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. USA.

Hardi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hoong, L. Y. (2015). Concrete-Pictorial-Abstract : Surveying its Origin and Charting is Future. The Mathematics Educator, 16(1), 1-8.

Ikram, Z. J. (2017). Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa. Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 652-660.

Putri, H. E. (2017). Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA), kemampuan-kemampuan Matematis dan Rancangan Pembelajarannya. Subang: Royyan Press.

Putri, H. E. (2020). Kemampuan-kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press.

Rahayu, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Budaya Jambi untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Ar Rahmah, 1(1), 1-9.

Safaruddin. (2016). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 8(2), 119-135.

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Yasa, L. N., Abidin Arief, Z., & Herawati, H. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MAMPANG 3 DEPOK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 57–69. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/10928