Indonesia

Authors

  • Indah Mustika Rini Universitas Negeri Jakarta
  • Rini Setiawati Universitas Negeri Jakarta
  • Awaluddin Tjalla Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Iva Sarifah Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Era disrupsi pada bidang pendidikan ditandai dengan pergeseran dari sistem pendidikan konvensional kepada sistem  pendidikan berbasis  digital. Salah satu tantangan dari upaya meningkatkan mutu pendidikan berasal dari mindset guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang kompetensi yang perlu dikuasai guru selaras dengan kondisi dan tuntutan zaman di era disrupsi dengan menggunakan sumber data atau referensi yang berupa buku, jurnal, dan lain-lain. Analisis data menggunakan teknis analisis isi. Kompetensi literasi digital perlu dikuasai guru agar dapat bersikap kritis dan bertanggung jawab dalam memahami, menggunakan, mengelola, menganalisis, dan mengevaluasi  informasi dari berbagai sumber untuk kegiatan pembelajaran. Upaya bersama dari berbagai pemangku kepentingan dalam membentuk Guru sebagai agen perubahan dengan meningkatkan kompetensi literasi digital melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan diharapkan akan berpengaruh pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Published

2023-12-18

How to Cite

Rini, I. M., Setiawati, R., Tjalla, A., & Sarifah, I. (2023). Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 97–105. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15612