Membangun Lingkungan Pembelajaran Adaptif : Sebuah Sistematic Literatur Review

Authors

  • Rini setiawati Universitas Negeri Jakarta
  • Wardani Rahayu Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Iva Sarifah Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penelitian terdahulu terkait membangun lingkungan pembelajaran adaptif yang mendukung proses belajar siswa. Lingkungan pembelajaran, yang mencakup aspek fisik, sosial, dan psikologis, berperan penting dalam memfasilitasi interaksi positif antara siswa dan lingkungan mereka. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR), Proses penelitian dimulai dengan pencarian literatur secara sistematis menggunakan kata kunci "Learning Environment" dan melibatkan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pembelajaran yang aman dan mendukung dapat meningkatkan keterampilan interpersonal siswa, mengurangi stres, dan meningkatkan motivasi serta kinerja akademis. Selain itu, hubungan yang harmonis antara siswa berkontribusi positif terhadap pengalaman belajar mereka, terutama dalam konteks e-learning. Untuk meningkatkan efektivitas lingkungan belajar adaptif, perlu ada perhatian terhadap tantangan-tantangan yang ada, dengan fokus pada pengembangan teknik identifikasi yang lebih baik, peningkatan dukungan bagi siswa, dan integrasi teknologi yang responsif terhadap kebutuhan belajar siswa agar merasa lebih percaya diri dalam pembelajaran online dan offline, dan pengaturan tujuan dan manajemen waktu menjadi tantangan yang besar. Dengan demikian merancang lingkungan pembelajaran yang adaptif dan responsif sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa, sehingga perhatian lebih harus diberikan pada desain dan pengelolaan lingkungan tersebut.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

setiawati, R., Rahayu, W., & Sarifah, I. (2024). Membangun Lingkungan Pembelajaran Adaptif : Sebuah Sistematic Literatur Review. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 39–50. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/18603