Implikasi dan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Bidang Pendidikan Islam

Authors

  • gozali STIQ As-Syifa Subang
  • Imam Fauji UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Aan Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bambang Samsul Arifin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implikasi dan implementasi pendidikan karakter secara umum dalam pengembangan bidang Pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan literatur review atau studi pustaka. Data diperoleh melalui buku maupun jurnal melalui aplikasi mendeley, publish or perish, google books, dan juga google scholar. Dengan analisis teoritis dan studi pustaka, penulis menyoroti peran penting pendidikan karakter dalam membentuk moralitas, etika, dan kepribadian siswa muslim. Penelitian ini menemukan hasil tentang implementasi pendidikan karakter dalam konteks pengembangan pendidikan Islam. Pendidikan karakter telah menjadi fokus utama dalam pembangunan pendidikan Islam modern. Pendidikan karakter dalam pembentukan individu yang berakhlak mulia sangat berpengaruh positif kepada masyarakat. Kondusifitas lingkungan sangat dipengaruhi oleh akhlak. Implementasi pendidikan karakter menemui tantangan dalam menerapkannya, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Penelitian ini memperkuat argumen akan kebutuhan mendesak akan integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum dan praktik pendidikan Islam.

Published

2024-07-31

How to Cite

gozali, Imam Fauji, Aan Hasanah, & Bambang Samsul Arifin. (2024). Implikasi dan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Bidang Pendidikan Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 72–76. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/17553