PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA (MATERI MASA PUBERTAS) DI KELAS VI SD NEGERI PAKUHAJI KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Risa Nurelita Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Zainal Abidin Arief Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ibdalsyah Ibdalsyah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v14i1.20898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi masa pubertas di kelas VI SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Hannafin and Peck, yang meliputi tiga tahap: analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas VI SD Negeri Pakuhaji. Hasil uji kelayakan oleh ahli media, ahli desain instruksional, dan ahli materi menunjukkan bahwa video pembelajaran sangat layak digunakan dengan persentase masing-masing 91,11%, 94%, dan 96%. Selain itu, uji efektivitas menggunakan N-Gain Score menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,75 (kategori tinggi) dan efektivitas sebesar 75,32% (kategori efektif). Ini membuktikan bahwa pengembangan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi masa pubertas

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Nurelita, R., Arief, Z. A., & Ibdalsyah, I. (2025). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA (MATERI MASA PUBERTAS) DI KELAS VI SD NEGERI PAKUHAJI KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v14i1.20898