PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP SMART EKSELENSIA INDONESIA KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6024Keywords:
model pembelajaran, kreativitas, hasil belajarAbstract
Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk menguji/mengungkap adanya: 1) Pengaruh model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa; 2) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran jigsaw dan super memory system dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa; 3) Perbedaan antara kreativitas tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa;
4) Perbedaan antara kreativitas rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Masing-masing siswa diberikan tes kreativitas. Hal ini dilakukan untuk memperoleh kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kelompok siswa yang memiliki kreativitas rendah. Selanjutnya, siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran super memory system dikelompokkan ke dalam kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (dengan anova dua jalur). Uji statistik digunakan uji t tes. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2021.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw dengan kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran super memory system dengan kreativitas tinggi, dibuktikan dengan sig 0,200 ≥ 0,05. 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran jigsaw dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. 3) Hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw lebih baik dibanding hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi yang belajar dengan model pembelajaran super memory system. 4) Hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw lebih baik dibanding hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah yang belajar dengan model pembelajaran super memory system.References
Abidin Arief, Zainal. 2017. Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan, Bogor: Penerbit UIKA Press.
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131.
https://doi.org/10.30998/formatif. v2i2.93
Hamdayama, J. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Harahap, S. (2020). Identifikasi Kreativitas Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA. Integrated Science Education Journal, 1(1), 16–22.
https://doi.org/10.37251/isej.v1i1. 21
No Title. (n.d.).
Nugraha, M. L. (2015). Pengaruh persistensi diri dan kebiasaan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Swasta Jakarta Timur. Research and Development Journal Of Education, 2(1).
Pamilu, A. (2007). Mengembangkan kreativitas dan kecerdasan anak. Yogyakarta: Citra Media.
Siregar, H. (2020). Kreativitas Siswa
dalam Mata Pelajaran IPA. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 21–26.
https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.2 7
Susilawati, A., Hernani, H., & Sinaga,
P. (2017). the Application of Project-Based Learning Using Mind Maps To Improve Students' Environmental Attitudes Towards Waste Management in Junior High Schools. International Journal of Education, 9(2), 120.
https://doi.org/10.17509/ije.v9i2.5 466
Prosiding
Abidin Arief, Zainal. 2017. Teknologi Pendidikan masa kini dalam Perspektif Multi Disiplin Ilmu (tinjauan Pendidikan Islam, Manajemen dan Ekonomi Islam). Dalam Prosiding Seminar Nasional Program Studi Teknologi Pendidikan, 1-10. Bogor: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan UIKA Bogor.
Tesis
Kurniasih eka, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa
Kelas Vii Di Smp Smart Ekselensia Indonesia Kabupaten Bogor Tesis, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor.
Sumber Elektronik
Puspita, I., & Abidin Arief, Z. (2015). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Partisipasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika (Survey pada Siswa Kelas VIII di MTs Attaqwa Cicurug Sukabumi). Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 43–55.
https://doi.org/10.32832/tek.pend. v4i1.474
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–
https://doi.org/10.30998/sap.v1i2. 1018
Rusman, R. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share (TPS). PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 67.
https://doi.org/10.21070/pedagogi a.v3i1.58
Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal
Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37.
https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2
.p37-47
Siregar, H. (2020). Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 21–26.
https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.2 7
Susilawati, A., Hernani, H., & Sinaga, P. (2017). the Application of Project-Based Learning Using Mind Maps To Improve Students' Environmental Attitudes Towards Waste Management in Junior High Schools. International Journal of Education, 9(2), 120.