PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Ramnaega L Siregar UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • M Joharis Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7084

Keywords:

Kepemimpinan, Otoktratis, Kinerja

Abstract

Setiap orang pasti pernah merasakan menjadi seorang pemimpin, entah itu di lingkungan sekolah, tempat kerja, pertemanan, keluarga, atau untuk dirinya sendiri. Momen tersebut akan membantu memunculkan kualitas dan gaya kepemimpinan dalam diri. Dalam lingkungan sekolah, seorang kepala sekolah sebaiknya memaksimalkan kemampuan yang ia miliki, terutama kemampuan dalam memimpin. Seorang kepala sekolah harus menerapkan gaya kepemimpinan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin, karena gaya kepemimpinan adalah cara yang digunakan pemimpin untuk berinteraksi dengan bawahannya. Rumusan masalah yang ingin dianalisis, yaitu bagaimana gaya kepemimpinan otokratis dan bagaimanakah pengaruh gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan melakukan studi pustaka dan observasi langsung terhadap lingkungan pendidikan khususnya sekolah dan kajian pustakaan. Dari hasil analisis tersebut diperoleh hasil bahwa gaya kepemimpinan otokratis berpengaruh langsung kepada kinerja guru, antara lain, guru lebih memiliki pola proses kerja yang efisien, guru memiliki manajemen krisis yang cepat, guru akan berusaha menjaga ketertiban & disiplin, guru memiliki target yang terfokus, guru akan meningkatan produktivitas diri dan guru akan memiliki komunikasi yang jelas.

References

Nalasatria, D.F., 2013. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Bukti Empiris dari Sekolah Menengah Atas Hang Tuah I Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (1)2: 179-202.

Suradji, G., & Martono, E., 2014. Ilmu dan Seni Kepemimpinan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Suradji, G., & Martono, E., 2014. Ilmu dan Seni Kepemimpinan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Published

2022-06-29

How to Cite

Siregar, R. L., & Lubis, M. J. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 170–175. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7084