PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI MELALUI PENERAPAN ASESMEN KINERJA DALAM PRAKTIKUM TITRASI ASAM-BASA

Authors

  • Imam Syafii SMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7242

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA kelas XI melalui penerapan asesmen kinerja dalam praktikum titrasi asam-basa. Jenis penelitian ini adalah PTK. Disain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjungpinang Kelas XI MIPA sebanyak 38 orang. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peseta didik yaitu pada siklus 1 aktivitas sebesar 51,5 % dan hasil belajar peserta didik 61%. Pada siklus kedua, pada aktivitas sebesar 72,5 % (kategori sedang) dan hasil belajar peserta didik 69% (kategori sedang). Pada siklus ketiga, aktivitas guru sebesar 85 % (kategori baik) dan hasil belajar peserta didik 85% (kategori tinggi).

References

Atkin, M.J., Black, P., Coffey, J. (2003). Classroom Assessment and the National Science Education Standards. [on line]. National Academy Press. Tersedia http://books.nap.edu/catalog/9847.html. [3 Maret 2004].

Stevens Ron., Casillas A., Vendlinski T. (2001). Artificial Neural Network-based Performance Assessments Using Simulations. California: UCLA IMMEX

Brattan, D., Mason, D., Rest, J.A. (1999). Changing the Nature of Physical Chemistry Practical Work. University Chemistry Education. Tersedia: http://.www.unchemed.edu . Vol (3) (2). p.59-63. [5 Oktober 2004]

Rustaman, N. Y. (2002). Perencanaan dan Penilaian Praktikum di Perguruan Tinggi. Bandung: UPI.

Sukmadinata, N.S, (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Krathwohl R. D. (2002). A revision of Bloom's: an overview – Benjamin S. Bloom, University of Chicago. Chicago: University of Chicago

Airasian W.P. (1991). Classroom Assessment. New York: McGraw-Hill.Inc.

Published

2022-06-29

How to Cite

Syafii, I. (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI MELALUI PENERAPAN ASESMEN KINERJA DALAM PRAKTIKUM TITRASI ASAM-BASA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 229–233. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7242