Pengembangan Multimedia Flipbook Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini Paudqu Al-Fatah Bogor

Authors

  • Erminawati Erminawati Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Zainal Abidin Arief Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Masitowati Gatot Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.9129

Keywords:

Pengembangan, multimedia, flipbook, literasi, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengembangan multimedia flipbook dalam rangka meningkatkan literasi anak usia dini di Paudqu Al-Fatah Bogor. (2) kelayakan pengembangan multimedia flipbook dalam rangka peningkatan literasi anak usia dini di Paudqu Al-Fatah Bogor. 3) Efektivitas pengembangan multimedia flipbook dalam rangka peningkatan literasi anak PAUD Al-Fatah Bogor. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau disebut juga Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall dan Dick and Carey. Subjek dalam penelitian ini PAUDqu Al-Fatah PAUD Bogor.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) prosedur pengembangan multimedia flipbook dalam rangka meningkatkan literasi anak usia dini di Paudqu Al-Fatah Bogor menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dipadukan dengan model Dick and Carey yang terdiri dari 10 tahap. (2) hasil uji kelayakan meliputi (a) hasil uji materi pembelajaran diperoleh persentase 94% dan dikategorikan sangat baik; (b) hasil tes media pembelajaran adalah 95% dan berada pada kategori sangat baik; dan (c) hasil tes desain pembelajaran adalah 95% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji One to One tergolong dalam kategori sangat baik (90%), hasil uji kelompok kecil berkategori baik (87,5%) dan hasil uji kelompok besar adalah juga dalam kategori sangat baik (95%). Untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia flipbook dilakukan melalui pengujian nilai N-Gain dari hasil pre-test dan post-test yaitu sebesar 0,79 (79%). Berdasarkan nilai-nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia flipbook sangat efektif digunakan

References

Agustian, M. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Multikultural Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 16, No. 2, Agustus , 105-116.

Arief, Z. A. (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan: Studi Aneka Sumber Belajar yang Berorientasi pada Student Centre dan Student Creator. Bogor: UIKA Press.

Brewer, J. (2007). Introduction to early childhood education preschool primary grades sixth edition. New York: Pearson.

Dewayani, Sofie. (2019). Model Pembelajaran Literasi Untuk Jenjang Prabaca dan Pembaca Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Kurniawan, Marwany, dan Titi Anisatul Laely. 2020. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung:Penerbit Rosdakarya.

Oetomo, B. D. (2007). e-Education Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: ANDI.

Ramdania, Diena Randa. (2013). "Penggunaan Media Flash Flip Book Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Artikel Ilmiah Tugas Akhir. Bandung. UPI

Riris K., Toha-Sarumpaet (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan CTL Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar.Profesi Pendidikan Dasar, 4(2).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, Weli. (2018). Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pendidikan. Jurnal Warna V o l. 2, No. 1.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trimansyah, Bambang. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. Jakarta: Kemdikbud.

Wardaya, A., Kurniawan, N. B., & Siagian, T. H. (2022). KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 127-135.

Marisda, D. H., Hamid, Y. H., Riskawati, R., Samsi, A. N., & Murniati, M. (2022). ASSESSMEN FLUENCY OF THINKING, FLEXIBILITY, DAN ELABORATION CALON GURU FISIKA: DESAIN, DAN VALIDITAS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 136-142.

Nasution, F. M., Siregar, R., & Lubis, M. J. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEADILAN ORGANISASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 143-147.

Zulhandayani, F., Rezeki, K. S., & Lubis, M. J. (2022). PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI BAGI KEPEMIMPINAN SEKOLAH. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 148-154.

Silvanus, J., & Ridwan, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Praktikum dengan Google Sites Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Era Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155-163.

Sofian, S. R. A., Subchan, W., & Sudarti, S. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 176-189.

Kurniasih, E., Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP SMART EKSELENSIA INDONESIA KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 207-215.

Pangesty, D. A. R., Nursirwan, H., Marliah, A., Yasa, L. N., & Hartono, R. (2021). The influence of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model on students' written mathematical communication skills in primary school. Technium Soc. Sci. J., 22, 249.

Pangesty, D. A. R., Arief, Z. A., & Hartono, R. (2022). The Development of Multiple Intelligence-Based E-Books on Grade V Science Learning In Elementary Schools. International Journal on Engineering, Science and Technology, 214-219.

Mursid, R., Saragih, A. H., & Hartono, R. (2022). The Effect of the Blended Project-Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Engineering Students' Learning Outcomes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 218-235.

Published

2023-01-09

How to Cite

Erminawati, E., Arief, Z. A., & Gatot, M. (2023). Pengembangan Multimedia Flipbook Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini Paudqu Al-Fatah Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 163–175. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.9129