EKSISTENSI DAN OPTIMALISASI PERAN OMBUDSMAN DALAM PENCEGAHAN MALADMINISTRASI DI INDONESIA

Authors

  • Satriyo Arun Samudro Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32832/yustisi.v10i2.14328

Abstract

Ombudsman Republik Indonesia ialah lembaga independen dimana tak memiliki keterkaitan organik terhadap negara dan institusi pemerintah lainnya, serta bebas dari keterlibatan lembaga lain dalam pelaksanaan tugasnya. Ombudsman juga dapat memberi masukan untuk pemerintah supaya membenahi dan menyempurnakan organisasi dan prosedur pelayanan publik agar terhindar dari permasalahan administrasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tugas apa saja yang dimiliki ombudsman untuk mencegah dan memberantas mismanajemen di Indonesia dan apa kewenangan ombudsman untuk mencegah dan memberantas mismanajemen di Indonesia. pelayanan publik untuk mencegah dan menghilangkan penyalahgunaan. Dan dalam menjalankan kewenangan untuk membenahi serta mencegah terjadinya maladministrasi di Indonesia, Ombudsman wajib mengajukan usul kepada Presiden, pimpinan daerah, ataupun kepala tata usaha negara lainnya untuk memperbaiki serta menyempurnakan tata tertib organisasi dan atau kepegawaian dan Dewan Perwakilan Rakyat agar memperbaiki

Kata kunci: Ombudsman, wewenang, mencegah

References

Adhiningtyas, Citra, Puji Astuti, and Lusia Astrika. “Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Dalam Penanganan Maladministrasi Pelayanan Publik.” Journal of Politic and Government Studies 5, no. 4 (2015): 1–14. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=366273&val=4924&title=Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Dalam Penanganan Maladministrasi Pelayanan Publik.

Ananda, Alveyn Sulthony, and Reni Putri Anggraini. “Urgensi Perluasan Kewenangan Ombudsman Dalam Pemberian Sanksi Terhadap Pelaku Maladministrasi Perizinan Daerah.” Jurnal Anti Korupsi 4, no. 1 (2022): 1–20. https://doi.org/10.19184/jak.v4i1.31109.

Dalimunthe, Dermina, and Al Ihwal. “Peran Ombudsman Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Telaah Siyasah Syariah.” Datuk Sulaiman Law Review (DaLRev) 3, no. 1 (2022): 43–50. https://doi.org/10.24256/dalrev.v3i1.2603.

Doddie Arya Kusuma, and Fonny Andikia. “Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat Dalam Pencegahan Maladministrasi Pelayanan Publik Di Kota Padang.” Journal of Social and Economics Research 3, no. 1 (2021): 021–029. https://doi.org/10.54783/jser.v3i1.21.

Fadila, Farah, and Lince Magriasti. “Peran Ombudsman Ri Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Dalam Penyelesaian Laporan Maladministrasi Bidang Pendidikan Di Kota Padang Tahun 2020.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 6, no. 3 (2022): 10218–26. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i3.3376.

Fauzia, Yasmine, Dienul Haq, Yogi Suprayogi, and M A S Halimah. “OLEH OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN Keywords :” 13, no. 1 (2021).

Fuad, Achmad Nur, and Dewi Erowati. “Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Terhadap Maladministrasi Pungutan Liar Program Nasional Agraria Di Kabupaten Kudus Tahun 2017.” Jurnal Penelitian 13, no. 1 (2019): 173. https://doi.org/10.21043/jp.v13i1.5404.

Hasjimzoem, Yusnani. “Eksistensi Ombudsman Republik Indonesia.” FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum 8, no. 2 (2015): 192–207. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v8no2.303.

———. “Eksistensi Ombudsman Republik Indonesia.” FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum 8, no. 2 (2015). https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v8no2.303.

Martini, Rina. “Pripun Kabaripun, Konco Ombudsman,” n.d., 1–13.

Nurtjahjo, Hendra. “Perbedaan Teoritis Antara Lembaga Penyelesaian Kasus Maladministrasi (Ombudsman) Dengan Lembaga Peradilan Administrasi (PTUN).” Jurnal Hukum Dan Bisnis (Selisik) 2, no. 4 (2016): 32–51. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/selisik/article/view/646/382%0Ahttp://103.75.102.195/index.php/selisik/article/view/646.

Nyoman, Ni, Wulan Prasintya, I Nyoman Putu, and Luh Putu. “Eksistensi Ombudsman Republik Indonesia Dalam Pengawasan Terhadap Lembaga Pelayanan Publik.” Jurnal Analogi Hukum 3, no. 3 (2021): 369–75. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/analogihukum/article/download/4540/3111.

Pania Putri, Conie. “Peranan Dan Fungsi Ombudsman Republik Indonesia Dalam Efektivitas Penegakan Hukum.” Sol Justicia 3, no. 2 (2020): 142–53.

Purnama, Nurlita, Annisa Miskiyah, Reza Rizkynata, and Usman Alfarisi. “Sosialisasi Ombudsman Republik Indonesia Melalui Media Sosial Sebagai Upaya Pencegahan Maladministrasi.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ 1, no. 1 (2022). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/15467/8107.

Putri, Felicya Astwilanda, and M. Fachri Adnan. “Upaya Pencegahan Maladministrasi Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia Di Provinsi Sumatera Barat.” Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP) 2, no. 1 (2020): 33–41. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i1.33.

Reichenbach, Andreas, Andreas Bringmann, Elsevier Enhanced Reader, Constantin J. Pournaras, Elisabeth Rungger-Brändle, Charles E. Riva, Sveinn H. Hardarson, et al. “TUGAS DAN WEWENANG OMBUDSMAN DALAM MEMBERANTAS DAN MENCEGAH MALADMINISTRASI.” Progress in Retinal and Eye Research 561, no. 3 (2019): S2–3.

Renaldi, Febry, Reza Rizkynata, Departemen Administrasi Publik, and Universitas Muhammadiyah Jakarta. “KINERJA KEASISTENAN UTAMA III OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA DALAM PENANGANAN MALADMINISTRASI DI BIDANG THE PERFORMANCE OF THE MAIN ASSISTANT III OF THE OMBUDSMAN REPUBLIC OF INDONESIA IN HANDLING Undang-Undang Dasar Negara Republik.” Journal Administrasi Publik PENTAHELIX 1, no. 1 (2023): 23–33.

Sanjaya, Wawan. “Jurnal de Jure.” Jurnal de Jure 9, no. 2 (2017): 114–29. https://m.tempo.co/read/news/2015/01/13/0786345.

Sari, Jayanti Armida, Mary Ismowati, Nur Sukmawati, and Nur Ambia Arma. “Pengawasan Pelayanan Publik Oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat.” Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area 10, no. 2 (2022): 127–36. https://doi.org/10.31289/publika.v10i2.7886.

Sari, Putri Ananda, Abdul Kadir, and Beby Mashito Batu Bara. “Peranan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Dalam Pengawasan Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan.” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM) 1, no. 1 (2019): 1–12. https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i1.141.

Setiawan, Andi. “Implementasi Pencegahan Maladministrasi Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia” 2, no. 10 (2023): 2153–63. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i10.624.

Setiawan, H, and J Usman. “Penerapan Media Sosial Dalam Pengaduan Dugaan Maladministrasi Pada Ombudsman Ri Perwakilan Sulawesi Selatan.” Kajian Ilmiah Mahasiswa … 3, no. April (2022). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/7370%0Ahttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/viewFile/7370/4773.

Sintha Dewi, Dyah Adriantini. “Mediasi Dalam Penyelesaian Sengketa Maladministrasi Oleh Ombudsman.” Hukum Dan Dinamika Masyarakat 11, no. 2 (2014): 111–20.

Situmeang, Fernandus Natanael, Upik Hamidah, and Marlia Eka Putri AT. “Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung Dalam Penyelesaian Laporan Atas Dugaan Maladministrasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–99.

Tan, Winsherly. “Efektifitas Peran Ombudsman Republik Indonesia Lembaga Pengawas Pelayanan Publik.” Jurnal Cendekia Hukum 6, no. 1 (2020): 141–60. https://doi.org/10.3376/jch.v6i1.284.

Yovita, Regina, Aiko Silvana, Winda Maharani, Sartono Mark, and Antonio Hapataran. “Validasi Administrasi : Justifikasi Ombudsman Terhadap Maladministrasi Di Makassar” 6, no. 4 (2022): 6833–43.

Zuhra Savitri dan Effendi Hasan. “Optimalisasi Peran Ombudsman Aceh Dalam Upaya Pencegahan Maladministrasi Kepegawaian Pada Dinas Pendidikan Aceh” 4 (2019): 1–13.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Satriyo Arun Samudro. (2023). EKSISTENSI DAN OPTIMALISASI PERAN OMBUDSMAN DALAM PENCEGAHAN MALADMINISTRASI DI INDONESIA. YUSTISI, 10(2), 101–111. https://doi.org/10.32832/yustisi.v10i2.14328

Issue

Section

Artikel