PROYEKSI KECEPATAN KENDARAAN DAN EMISI CO2 DI DKI JAKARTA TAHUN 2015-2030 DENGAN PENDEKATAN SYSTEM DYNAMIC

Authors

  • Abdul Muis Karim Magister Kajian Ilmu Lingkungan Uiversitas Indonesia, Kampus UI Salemba Jakarta
  • Dian Priharyaningsih Magister Kajian Ilmu Lingkungan Uiversitas Indonesia, Kampus UI Salemba Jakarta
  • Leny Veronika

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v2i1.1546

Abstract

Kota Jakarta yang menjadi pusat pemerintahan maupun pusat bisnis, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyakarat. Padatnya jumlah penduduk berimbas pada jumlah kepemilikan kendaraan bermotor. Tiap tahun jumlah kepemilikan kendaraan bermotor mengalami kenaikan dalam hal jumlah. Tingginya jumlah kepemilikan kendaraan tentu akan membawa kemacetan di jalan raya yang kemudian akan memacu produksi gas emisi CO2. Penelitian ini bertujuan untuk memproyeksi kecepatan kendaraan dan emisi CO2 yang dihasilkan dengan pendekatan system dynamic. Hasil proyeksi ini kemudian di validasi agar hasil proyeksi benar-benar layak dijadikan acuan bagi pengambil kebijakan dalam permasalahn ini.

References

Armah, F.A, Yawson, D.A., & Pappoe, A.A.N.M. (2010). A Systems Dynamics Approach to Explore Traffic Congestion and Air Pollution Link in the City of Accra, Ghana. Sustainability Journal doi:10.3390/su2010252

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2014). Statistik Transportasi DKI Jakarta 2014. Jakarta

Haydari, J., Vara-Arani, H., Jahani, S., Dashti, & Moazen, S. (2014). A system dynamics modeling for urban air pollution: A case study of Tehran, Iran. ScienceDirect. 10.1016/j.trd.2014.05.016

Oktioza Pratama. (2012). Analisis rencana penerapan electronic road procing (ERP) pada sektor transportasi terhadap Kota Jakarta Menggunakan Pendekatan Dinamis. Fakultas Teknik. Universitas Indonesia

Papageorgiou, G. (2010). Strategic Management of Transportation Systems International Journal of Arts and Sciences 3(12): 362-367 (2010)

Rusiawan, W., Tjiptoherijanto, P., Suganda, E., Darmajanti, L. (2015). System dinamics modeling for urban economic growth and CO2 emission: a case study of Jakarta, Indonesia. Procedia Environmental Science 28 (2015)

Stave, K.A. (2002). Using system dynamics to improve public participation in environmental decisions. System Dynamics Review Vol. 18, No . 2 , DOI: 10.1002/sdr.237

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/02/05/10343151/Jakarta.Kota.Termacet.Ini.Komentar.Dirlantas.Polda.Metro

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Karim, A. M., Priharyaningsih, D., & Veronika, L. (2018). PROYEKSI KECEPATAN KENDARAAN DAN EMISI CO2 DI DKI JAKARTA TAHUN 2015-2030 DENGAN PENDEKATAN SYSTEM DYNAMIC. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/komposit.v2i1.1546

Issue

Section

Articles