PENILAIAN TEKNIS SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS KAMPUNG SILIWANGI, CIGOMBONG, KABUPATEN BOGOR)

Authors

  • Feril Hariati
  • Muhamad Lutfi

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v2i1.1551

Abstract

Air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang pemenuhan kebutuhan terhadap air bersih tersebut diatur oleh pemerintah melalui suatu sistem pelayanan air bersih yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum. Luasnya daerah pelayanan seringkali mengakibatkan beberapa wilayah, terutama di pedesaan, tidak dapat dilayani oleh sistem pelayanan air bersih ini, oleh karena itu pemerintah menggalakkan program pengadaan air bersih berbasis masyarakat, yang merupakan program gotong royong masyarakat dengan dana dapat berasal dari pemerintah maupun swasta. Salah satunya adalah program pengadaan air bersih bagi masyarakat Kampung Siliwangi, Desa Cigombong, yang mendapatkan dana CSR dari salah satu produsen air kemasan. Sistem yang diterapkan merupakan teknologi penyediaan air sederhana, yang dibangun berdasarkan pengalaman dan pengetahuan warga Kampung Siliwangi. Penilaian teknis dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang diterapkan sudah sesuai dengan kondisi lingkungan dan keinginan masyarakat. Hasil analisis yang dilakukan dengan cara survey dan analisis hidrolika sederhana menunjukkan bahwa sistem penyediaan air bersih di Kampung Siliwangi tidak mampu melayani kebutuhan seluruh warga, terutama pada saat jam puncak. Kebutuhan warga saat jam puncak adalah 5 ltr/dtk, sedangkan besar aliran yang terjadi adalah 2.5 ltr/dtk dan jumlah ini merupakan aliran air stabil. Selain itu, terjadi kesulitan saat air tidak digunakan karena tidak tersedianya bak penampung di jalur distribusi atau bak pelepas tekanan di jalur transmisi. Pengaturan air dilakukan langsung pada sumbernya. Hal ini sudah tentu kurang efektif, mengingat diperlukan sumber daya manusia untuk mengatur sistem penyediaan air bersih.

References

David, J.P., dan Edward, H.W. 1985. Schaum’s Outline of Theory and Problems of Fluid Mechanics and Hydraulics, Mcgraw-Hill Book Company, Singapore.

Banta, H.D., 2009. What is technology assessment? International Journal Technology Assessment Health Care. Pp. 7-9. Cambridge University Press, USA.

Fox, Robert W. dan McDonald Alan T. 1994. Introduction to Fluid Mechanics, S1 Version, John Wiley & Sons, Ir c, New York

Hau’Oni. K., Hauonikris, E., Nugroho, D.G. 2008. Model, Ukuran, Konstruksi Dan Pemeliharaan Jaringan Air Minum Dengan System Pemipaan Di Daerah Pedesaan. Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama danPembangunan Ekonomi (BMZ). Kupang

Masduqi, A., Endah, N., dan Soedjono, E.S., 2008. Sistem Penyediaan Air Bersih Perdesaan Berbasis Masyarakat:Studi Kasus HIPPAM di DAS Brantas Bagian Hilir, dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana VIII – ITS, Surabaya, hal 1-6.

Rajput, R.K., 2002, Fluid Mechanics and Hydraulic Machines, Revisi edisi kedua, S. Chand & Company Ltd, New Delhi.

Sunar Rochmadi. 1995. Teknik Lingkungan. UPP IKIP. Yogyakarta.

Thanh, N.C., Thanh, T.D., Hoat, H.V., dan Linh, N.M. 2008.. Assessmentof small-scale drinking water schemes and latrines supported by Helvetas in Cao Bang. Helvetas Vietnam Swiss Association for International Cooperation. Vietnam.

Cooper K, Fong C, Gonzalez M. 2009. Tools for Water Supply Assessment San Miguel Suchtixtepec, Oaxaca. Engineers for a Sustainable World

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Hariati, F., & Lutfi, M. (2018). PENILAIAN TEKNIS SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS KAMPUNG SILIWANGI, CIGOMBONG, KABUPATEN BOGOR). Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.32832/komposit.v2i1.1551

Issue

Section

Articles