Analisis Penilaian Komponen Bangunan Gedung terhadap Pemeliharaan Ruang Kelas SMK Negeri 3 Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v7i2.14251Kata Kunci:
Pemeliharaan Gedung, Pengguna Ruang Kelas, Ruang Kelas, Fasilitas PendidikanAbstrak
SMK Negeri 3 Balikpapan merupakan sekolah tingkat SMA/SMK sederajat yang memiliki fasilitas ruang kelas terbanyak seluruh Kota Balikpapan. Namun, terdapat beberapa kerusakan pada ruang kelas yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti faktor usia gedung, faktor alam, faktor perencanaan dan lainnya. Sehingga kualitas gedung tentu akan berpengaruh terhadap kondisi ruang kelas dan kenyamanan pengguna ruang kelas. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan pemeliharaan gedung ruang kelas guna mempertahankan fungsi ruang kelas serta kondisi gedung ruang kelas tetap laik fungsi dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen bangunan gedung yang perlu ditinjau untuk dilakukan pemeliharaan terhadap gedung ruang kelas SMK Negeri 3 Balikpapan khususnya yang berpengaruh terhadap kondisi ruang kelas dan kenyamanan pengguna ruang kelas yaitu bagi siswa/siswi dan guru SMK Negeri 3 Balikpapan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah melakukan studi literatur, survei pendahuluan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan pihak ahli bidang bangunan gedung dan analisis menggunakan perhitungan skor butir pada nilai cut-off terhadap indikator variabel pemeliharaan gedung. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai cut-off bahwa nilai cut-off yang diperoleh 3,30 poin dengan 14 variabel dan indikator pemeliharaan yang relevan mempengaruhi kondisi ruang kelas dan kenyamanan pengguna ruang kelas antara lain komponen arsitektur (X1) dengan 6 indikator, komponen struktur (X2) dengan 2 indikator, komponen mekanikal (X3) dengan 2 indikator, komponen elektrikal (X4) dengan 3 indikator dan komponen ruang bangunan luar (X5) dengan 1 indikator. Kemudian terdapat indikator variabel pemeliharaan ruang kelas yang memiliki tingkat relevansi dengan skor tertinggi diperoleh pada indikator Pemeliharaan plafon (X11), Pemeliharaan pintu dan jendela (X12) dan Pemeliharaan dinding (X22), dengan skor 4,4 poin
Kata Kunci: Pemeliharaan Gedung, Ruang Kelas, Pengguna Ruang Kelas
Referensi
Data Pokok Pendidikan. (2023). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. diakses pada: https://dapo.kemdikbud.go.id
Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum. (2008). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung.
Evrianto, W. I. (2007). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mahfud. (2015). Manajemen Pemeliharaan Bangunan Gedung Sekolah (Studi Kasus Gedung SLTA di Balikpapan). Jurnal Sains Terapan, 1(1), 7-18. https://doi.org/10.32487/jst.v1i1.26
Misriani, M., Riswandi, S., Hidayat, R. & Akmal, P. B. F. (2020). Perencanaan Manajemen Pemeliharaan Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Pondasi, 9(1), 44-53. http://dx.doi.org/10.36055/jft.v9i1.7536
Lutfi, M., & Subtoni, S. (2020). Kajian Struktur Bangunan Akibat Penurunan Mutu Beton pada Kolom Terpasang (Studi Kasus: SDN 01 Cikaret Kabupaten Bogor). Astonjadro, 6(2), 115-129. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v6i2.2268
Nasrullah, A. (2021). Pengaruh Faktor – Faktor Pemeliharaan terhadap Kenyamanan Bangunan Gedung Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Beering’s, 8(2), 30-37. https://doi.org/10.36050/berings.v8i02.401
Prabowo, A., & Lutfi, M. (2020). Analisis Struktur Bangunan Gedung Sekolah akibat Penambahan Ruang Kelas Baru (Studi Kasus di SMK Bina Putera Kota Bogor). Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(2). http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v4i2.6887
Sari, S. N. & Triwuryanto. (2021). Kajian Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 24/PRT/M.2008. Prosiding CEEDRiMS 2021, 347-353. http://hdl.handle.net/11617/12728
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.