Analisis Kualitas Pelayanan Stasiun Kereta Api Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan (Studi Kasus: Stasiun Tanjung Karang)

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v7i2.14397

Kata Kunci:

Standar Pelayanan Minimum, Importance Performance Analysis (IPA), Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan

Abstrak

Kualitas pelayanan Stasiun Tanjung Karang dikatakan baik jika pengguna layanan merasa puas dengan pelayanan yang diperoleh sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pengguna layanan di Stasiun Kereta Api Tanjung Karang,. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden. Kuesioner dibuat dengan pedoman Peraturan Mentri Perhubungan tentang SPM no.48 Tahun 2015. Untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna layanan terhadap berbagai faktor yang berkaitan dengan pelayanan stasiun Tanjung Karang digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisa kuesioner dengan metode IPA disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang paling tinggi adalah faktor (fasilitas) variabel pertanyaan P6, secara keseluruhan fasilitas yang diberikan kereta api memadai (lengkap dan berfungsi dengan baik) yaitu sebesar 121,50% variabel pertanyaan ini dianggap sangat memuaskan dikarenakan sudah melebih presentase > 100 %. Sedangkan kualitas pelayanan yang paling rendah adalah faktor (Keamanan) variabel pertanyaan P14 penerangan dalam stasiun 83,97% variabel pertanyaan ini dianggap telah memenuhi tingkat kepuasan dikarenakan sudah melebih presentase 80-100%. Nilai rata-rata tingkat kepuasan pengguna layanan di stasiun Tanjung Karang sebesar 96,81 %, dari nilai tersebut kualitas pelayanan stasiun Tanjung Karang dianggap memuaskan. Dengan nilai kualitas pelayanan yang memuaskan maka kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan di Stasiun Kereta Api Tanjung Karang.
Kata Kunci: Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, Standar Pelayanan Minimum, Importance Performance Analysis (IPA), Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-01

Cara Mengutip

Mentiring, B., Oktarina, D., & Dirangga, K. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Stasiun Kereta Api Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan (Studi Kasus: Stasiun Tanjung Karang). Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(2), 205–213. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i2.14397