Analisis Kualitas Pelayanan Stasiun Kereta Api Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan (Studi Kasus: Stasiun Tanjung Karang)
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v7i2.14397Kata Kunci:
Standar Pelayanan Minimum, Importance Performance Analysis (IPA), Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, Tingkat Kepuasan Pengguna LayananAbstrak
Kualitas pelayanan Stasiun Tanjung Karang dikatakan baik jika pengguna layanan merasa puas dengan pelayanan yang diperoleh sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pengguna layanan di Stasiun Kereta Api Tanjung Karang,. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden. Kuesioner dibuat dengan pedoman Peraturan Mentri Perhubungan tentang SPM no.48 Tahun 2015. Untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna layanan terhadap berbagai faktor yang berkaitan dengan pelayanan stasiun Tanjung Karang digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisa kuesioner dengan metode IPA disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang paling tinggi adalah faktor (fasilitas) variabel pertanyaan P6, secara keseluruhan fasilitas yang diberikan kereta api memadai (lengkap dan berfungsi dengan baik) yaitu sebesar 121,50% variabel pertanyaan ini dianggap sangat memuaskan dikarenakan sudah melebih presentase > 100 %. Sedangkan kualitas pelayanan yang paling rendah adalah faktor (Keamanan) variabel pertanyaan P14 penerangan dalam stasiun 83,97% variabel pertanyaan ini dianggap telah memenuhi tingkat kepuasan dikarenakan sudah melebih presentase 80-100%. Nilai rata-rata tingkat kepuasan pengguna layanan di stasiun Tanjung Karang sebesar 96,81 %, dari nilai tersebut kualitas pelayanan stasiun Tanjung Karang dianggap memuaskan. Dengan nilai kualitas pelayanan yang memuaskan maka kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan di Stasiun Kereta Api Tanjung Karang.
Kata Kunci: Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, Standar Pelayanan Minimum, Importance Performance Analysis (IPA), Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.