Pemilihan Antara 2 Moda Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung dari Stasiun Padalarang
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v7i2.14512Kata Kunci:
pemilihan moda, moda feeder, kereta apiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang pemilihan moda antara KA Feeder dan KRD Lokal Bandung sebagai moda lanjutan penumpang KCJB dari Stasiun Padalarang menuju Kota Bandung. Penelitian ini ditunjukan untuk calon penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang nantinya memilih antara KA Feeder dan KRD Lokal Bandung Raya sebagai moda lanjutan perjalanan dari Stasiun Padalarang menuju Kota Bandung. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 384 responden dan diolah dengan menggunakan metode logit binomial, didapatkan hasil bahwa berdasarkan hasil analisa dalam BIOGEME 3.2.11, diperoleh probabilitas atribut biaya, waktu tempuh dan waktu tunggu antar kereta/headway untuk kedua moda, probabilitas untuk memilih KA Feeder semakin besar apabila nilai utilitasnya besar dan sebaliknya, probabilitas untuk memilih KA Feeder semakin kecil apabila nilai utilitasnya kecil. Nilai probabilitas pemilihan KA Feeder paling besar yaitu 94% terdapat pada skenario nomor 4, sedangkan pada skenario tersebut nilai probabilitas KRD Lokal Bandung Raya paling kecil yaitu hanya 6%, oleh karena itu Moda KA Feeder merupakan moda yang memiliki peluang lebih besar untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung sebagai moda perjalanan lanjutan dari Stasiun Padalarang.
Referensi
Azimi G, dkk, 2021, Mode Choice behavior for Access and Egress Connection to Transit Services, International Journal of Transportation Science and Technology, Volume 10, Issue 2, Pages 136-155
Ceder, A., & Yim, Y. (2003). Integrated Smart Feeder / Shuttle Bus Service. 510, 1–29.
Krygsman, 2004. Acitivity and Travel Choice (s) in Multimodal Public Transport Systems. Utrecht University Repository
Malkhamah & Nugrogo. 2018, Manajemen Sistem Transportasi Perkotaan Yogyakarta, Yogyakarta, Universitas Gajah Mada
Miro, F. 2002. Perencanaan Transportasi: Untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Jakarta: Erlangga
Panjaitan Y. 2022, Analisis Kinerja bus Trans Metro Deli Rute K5M Tembung – Lapangan Merdeka, Universitas HKBP Nommmense.
Sugiyono, T. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Setijowarno, D. 2001. Pengantar Sistem Transportasi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Tanjung, A. A. 2010. Model Pemilihan Moda Angkutan Penumpang Kapal Feri (PT. ASDP) & Kapal Cepat (Swasta) Rute Sibolga – Gunung Sitoli (Dengan Metode Stated Preference). Bidang Studi Transportasi Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.