Rencana Penerapan Ganjil Genap di Kota Bandung

Penulis

  • Devlin Damara Institut Teknologi Bandung
  • Shanty Yulianti Rachmat Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v8i2.15120

Kata Kunci:

Ganjil Genap, Transportasi

Abstrak

Tingginya penggunaan kendaraan pribadi di kota besar termasuk di Kota Bandung, turut meningkatkan dampak negatif, salah satunya adalah kemacetan. Untuk itu perlu adanya pembatasan akan kendaraan pribadi agar dampak negatif dapat ditekan. Salah satunya dengan melakukan uji coba ganjil genap di Kota Bandung, untuk mengetahui dampaknya terhadap kondisi transportasi. Studi literatur menunjukkan adanya ganjil genap dapat menurunkan waktu tempuh, menurunkan volume kendaraan, meningkatkan kecepatan kendaraan, dan menurunkan tingkat polusi. Beberapa negara yang menerapkan ganjil genap ini sudah merasakan dampak positif, namun ada pula yang justru merasakan sebaliknya. Mengacu pada keberhasilan beberapa kota termasuk Kota Jakarta, ganjil genap ini juga akan diuji coba pada beberapa ruas jalan di wilayah studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase pemilihan moda masyarakat dan perubahan kinerja jaringan jalan saat ganjil genap dilakukan. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif berdasarkan kuisioner dari masyarakat yang aktif melewati ruas jalan yang terkena uji coba. Hasil menunjukkan bahwa masyarakat masih cenderung menggunakan transportasi pribadi dibandingkan transportasi umum. Selain itu, terlihat adanya perubahan pada kinerja jalan, dimana adanya penurunan volume kendaraan sebesar 30% dan penurunan waktu tempuh sekitar 17-25 detik per ruas pada jalan yang dilakukan uji coba.

Kata Kunci: TDM, Ganjil Genap, Transportasi.

Referensi

Ariola, M. M. (2006). Principles and Methods of Research. Sampaloc: Rex Bookstore Inc.

Fadhli, M. E., & Widodo, H. (2019). Analisis Pengurangan Kemacetan Berdasarkan Sistem Ganjil-Genap. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 36-41. https://doi.org/10.36870/insight.v2i2.136

Hosmer, D. W., & Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Li, X., Jiang, S., Wang, T., Hu, J., & Yuan, Y. (2021). Evaluating the impact of partial driving restrictions on local air quality in Chongqing using regression discontinuity design. Urban Analytics and City Science, 1-21. DOI: 10.1177/23998083211010801

Li, R., & Min, G. (2016). Effects of oddeeven traffic restriction on travel speed and traffic volume: Evidence from Beijing Olympic Games. Journal of Traffic and Transportation Engineering, 71-81. https://dx.doi.org/10.1016/j.jtte.2016.01.002

Liu, Z., Li, R., Wang, X., & Shang, P. (2018). Effects of vehicle restriction policies: Analysis using license plate recognition data in Langfang, China. Transportation Research Part A, 89-103. https://doi.org/10.1016/j.tra.2018.09.001

Mutharuddin, & Herawati. (2013). Dampak Penerapan Kebijakan Kendaraan Berplat Ganjil Genap terhadap Kinerja Lalu Lintas (Studi Kasus: Pergerakan Kendaraan Bermotor dari Bekasi Menuju DKI Jakarta). Jurnal Penelitian Transportasi Darat Volume 15, 1-12. DOI: 10.25104/jptd.v15i1.1215

Pratama, A. M. (2016, Agustus 25). Ini Dampak Positif Sistem Ganjil-Genap Berdasarkan Evaluasi Polisi dan Dishubtrans DKI. Retrieved from Kompas.com: https://megapolitan.kompas.com/read/2016/08/25/17253821/ini.dampak.positif.sistem.ganjil-genap.berdasarkan.evaluasi.polisi.dan.dishubtrans.dki?page=all

Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Kementrian Perhubungan, Jakarta.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business. Sussex: John Wiley & Sons Ltd.

Yang, J., Lu, F., Liu, Y., & Guo, J. (2018). How does a driving restriction affect transportation patterns? The medium-run evidence from Beijing. Journal of Cleaner Production, 270-281. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.08.069

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Damara, D., & Rachmat, S. Y. (2024). Rencana Penerapan Ganjil Genap di Kota Bandung. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 8(2), 327–332. https://doi.org/10.32832/komposit.v8i2.15120

Terbitan

Bagian

Articles