Rencana Penerapan Ganjil Genap di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v8i2.15120Kata Kunci:
Ganjil Genap, TransportasiAbstrak
Tingginya penggunaan kendaraan pribadi di kota besar termasuk di Kota Bandung, turut meningkatkan dampak negatif, salah satunya adalah kemacetan. Untuk itu perlu adanya pembatasan akan kendaraan pribadi agar dampak negatif dapat ditekan. Salah satunya dengan melakukan uji coba ganjil genap di Kota Bandung, untuk mengetahui dampaknya terhadap kondisi transportasi. Studi literatur menunjukkan adanya ganjil genap dapat menurunkan waktu tempuh, menurunkan volume kendaraan, meningkatkan kecepatan kendaraan, dan menurunkan tingkat polusi. Beberapa negara yang menerapkan ganjil genap ini sudah merasakan dampak positif, namun ada pula yang justru merasakan sebaliknya. Mengacu pada keberhasilan beberapa kota termasuk Kota Jakarta, ganjil genap ini juga akan diuji coba pada beberapa ruas jalan di wilayah studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase pemilihan moda masyarakat dan perubahan kinerja jaringan jalan saat ganjil genap dilakukan. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif berdasarkan kuisioner dari masyarakat yang aktif melewati ruas jalan yang terkena uji coba. Hasil menunjukkan bahwa masyarakat masih cenderung menggunakan transportasi pribadi dibandingkan transportasi umum. Selain itu, terlihat adanya perubahan pada kinerja jalan, dimana adanya penurunan volume kendaraan sebesar 30% dan penurunan waktu tempuh sekitar 17-25 detik per ruas pada jalan yang dilakukan uji coba.
Kata Kunci: TDM, Ganjil Genap, Transportasi.
Referensi
Ariola, M. M. (2006). Principles and Methods of Research. Sampaloc: Rex Bookstore Inc.
Fadhli, M. E., & Widodo, H. (2019). Analisis Pengurangan Kemacetan Berdasarkan Sistem Ganjil-Genap. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 36-41. https://doi.org/10.36870/insight.v2i2.136
Hosmer, D. W., & Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Li, X., Jiang, S., Wang, T., Hu, J., & Yuan, Y. (2021). Evaluating the impact of partial driving restrictions on local air quality in Chongqing using regression discontinuity design. Urban Analytics and City Science, 1-21. DOI: 10.1177/23998083211010801
Li, R., & Min, G. (2016). Effects of oddeeven traffic restriction on travel speed and traffic volume: Evidence from Beijing Olympic Games. Journal of Traffic and Transportation Engineering, 71-81. https://dx.doi.org/10.1016/j.jtte.2016.01.002
Liu, Z., Li, R., Wang, X., & Shang, P. (2018). Effects of vehicle restriction policies: Analysis using license plate recognition data in Langfang, China. Transportation Research Part A, 89-103. https://doi.org/10.1016/j.tra.2018.09.001
Mutharuddin, & Herawati. (2013). Dampak Penerapan Kebijakan Kendaraan Berplat Ganjil Genap terhadap Kinerja Lalu Lintas (Studi Kasus: Pergerakan Kendaraan Bermotor dari Bekasi Menuju DKI Jakarta). Jurnal Penelitian Transportasi Darat Volume 15, 1-12. DOI: 10.25104/jptd.v15i1.1215
Pratama, A. M. (2016, Agustus 25). Ini Dampak Positif Sistem Ganjil-Genap Berdasarkan Evaluasi Polisi dan Dishubtrans DKI. Retrieved from Kompas.com: https://megapolitan.kompas.com/read/2016/08/25/17253821/ini.dampak.positif.sistem.ganjil-genap.berdasarkan.evaluasi.polisi.dan.dishubtrans.dki?page=all
Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Kementrian Perhubungan, Jakarta.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business. Sussex: John Wiley & Sons Ltd.
Yang, J., Lu, F., Liu, Y., & Guo, J. (2018). How does a driving restriction affect transportation patterns? The medium-run evidence from Beijing. Journal of Cleaner Production, 270-281. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.08.069
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.