Model Pemilihan Moda Transportasi antara Angkutan Umum Bus dan Shuttle Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v8i2.15185Kata Kunci:
bus umum, shuttle, stepwise, transportasiAbstrak
Dengan adanya angkutan umum shuttle akan mengakibatkan menurunnya pendapatan angkutan umum bus mengkaji tingkatan besarnya pengaruh faktor – faktor yang mempengaruhi karakteristik pemilihan moda transportasi antara angkutan umum bus dengan angkutan umum shuttle khususnya di Kabupaten Sumedang, mengkaji simulasi perubahan biaya perjalanan untuk mengetahui hubungan biaya perjalanan terhadap tingkat kemungkinan dalam pemilihan transportasi angkutan umum bus dan shuttle. Dalam penelitian ini sehingga dapat disimpulkan bahwa penyederhanaan variable menggunakan metode korelasi sederhana dan menggunakan metode stepwise. Berdasarkan perhitungan rata-rata tingkat kemungkinan pemilihan moda shuttle dan bus umum, jika shuttle dan bus umum melayani rute Sumedang – Jakarta maka tingkat kemungkinan pemilihan moda shuttle sebesar 51% dan moda bus umum 49% dengan rata-rata selisih biaya yang tidak terlalu signifikan sebesar Rp. 35.000 sd Rp. 50.000,-. Sehingga dalam penelitian ini waktu tempuh dan waktu tunggu keberangkatan menjadi faktor pertimbangan dalam pemilihan moda angkutan umum. Pada rute Sumedang – Jakarta ataupun sebaliknya shuttle melintasi Jalur Jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan antara Kota Sumedang – Tol Cileunyi Bandung dan Jalan Tol Layang MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed yang menghubungkan Jalan tol Cikampek – Jakarta, sehingga waktu tempuh rute Sumedang – Jakarta lebih singkat menggunakan shuttle, sedangkan bus umum tidak diperbolehkan melintasi jalur Jalan Tol Layang MBZ. Pada studi hanya menganalisis pemilihan moda antara angkutan umum bus dan shuttle untuk rute Sumedang – Jakarta. Lingkup studi ini dapat dikembangkan untuk pergerakan penumpang pada rute-rute lain dan kompetisi moda-moda lainnya.
Referensi
Argarisma, A., & Naipospos, B. P. (2023). Peningkatan Penggunaan Moda Non-Motorized Transport dengan Stated Preference pada Pelajar Sekolah Menengah Negeri Jakarta Pusat. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(2), 183–191.
Arsusil, A., & Misbahuddin, M. (2022). Model Karakteristik Pengguna Moda Konvensional dan Transportasi Online Saat Pandemi Covid-19 Di Kota Parepare. Jurnal Karajata Engineering, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.31850/karajata.v2i1.1602
Budiarto, F., Mukti, E. T., & Sumiyattinah, S. (2021). Kajian Probabilitas Penumpang Angkutan Travel terhadap Kendaraan Pribadi pada Rute Pontianak Sintang. JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 8(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v8i2.50424
Ferdila, M., & Us, K. A. (2021). Analisis Dampak Transportasi Ojek Online terhadap Pendapatan Ojek Konvensional di Kota Jambi. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(2), 136–142. http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb
Firdausi, M., & Yulianto, F. (2021). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Antara Bus dan Kereta Api Trayek Kota Surabaya – Kota Yogyakarta. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 7–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v6i2.1447
Hardiyanti, S. A., & Ulfiyati, Y. (2021). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Konvensional dan Online di Banyuwangi. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i1.2068
Laloma, A., Rompis, S. Y. R., & Longdong, J. (2018). Pengaruh Angkutan Online terhadap Pemilihan Moda Transportasi Publik di Kota Manado (Studi Kasus: Trayek Malalayang - Pusat Kota). Jurnal Sipil Statik, 6(8), 541–552. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jss/article/view/19931
Marisa, M. M., Rumayar, A. L. E., & Jefferson, L. (2020). Model Pemilihan Moda Angkutan Umum dan Transportasi Online di Kota Tomohon (Studi Kasus : Pelajar di Kota Tomohon). Jurnal Sipil Statik, 8(6), 911–924. https://ejournal.unsrat.ac.id/v2/index.php/jss/article/view/38898
Nuh, M. A., H, S. M., & Syarkawi, M. T. (2022). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Kota bagi Pegawai Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional. Jurnal Konstruksi : TeKNik, InfraSTRUKtur, Dan SaIns, 1(2), 21–28. http://pasca-umi.ac.id/index.php/kons/article/view/1015
Rinaldi, M., & Prayudyanto, M. N. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Bus Transjabodetabek dengan Metode Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Linear Berganda. Seminar Nasional Ketekniksipilan, Infrastruktur Dan Industri Jasa Konstruksi (KIIJK), 1(1), 309–315. http://prosiding.uika-bogor.ac.id/index.php/kiijk/article/view/364
Sjafruddin, A., Lubis, H. A. R. S., & Setiawan, B. (2007). Model Pemilihan Moda Angkutan Penumpang Pesawat Terbang dan Kapal Cepat dengan Data SP (Stated Preference) (Studi Kasus: Rute Palembang - Batam). Jurnal Teknik Sipil, 14(2), 105–114. https://doi.org/https://doi.org/10.5614/jts.2007.14.2.4
Sumampouw, G. R. O., Lefrandt, L. I. R., & Rompis, S. Y. R. (2022). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Di Kabupaten Minahasa Utara. Tekno, 20(81), 353–362. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/tekno/article/view/43358
Tamin, O. Z. (1993). Strategi Peningkatan Pelayanan Angkutan Umum. Journal of Regional and City Planning, 4(8), 3–14. https://journals.itb.ac.id/index.php/jpwk/article/view/5727
Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. ITB.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.