Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas pada Jalan Kabupaten Aceh Tamiang
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v8i2.15484Kata Kunci:
Greenshield, Underwood, Lalu Lintas, Volume, KepadatanAbstrak
Jalan raya adalah suatu prasarana transportasi yang sangat penting dalam membantu pengembangan wilayah, sehingga tanpa adanya arus transportasi yang lancar maka akan banyak memberikan pengaruh di dalam menunjang laju pembangunan yang cenderung meningkatkan pertumbuhan masyarakat. Maka dari itu diperlukan sistem pemantauan badan jalan secara menyeluruh agar dapat mengetahui permasalahan kemacetan yang ada di ruas jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode greenshields dan underwood. Tujuan penelitian mendapatkan volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas dan mendapatkan grafik hubungan volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas pada jalan Banda Aceh – Medan STA. 464+700 s/d STA. 465+200 Desa Kedai Besi Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Hasil penelitian didapatkan untuk arah Langsa - Kuala Simpang S-D (Kecepatan-Kepadatan), dengan nilai R² tertinggi (R² = 0,198). V-D (Volume-Kepadatan), dengan nilai R² tertinggi (R² = 0,988). V-D (Volume-Kecepatan) dengan nilai R² tertinggi (R² = 0,537). Untuk arah Kuala Simpang - Langsa S-D (Kecepatan-Kepadatan), dengan nilai R² tertinggi (R² = 0, 0,999). V-D (Volume-Kepadatan), dengan nilai R² tertinggi (R² = 0,991). V-D (Volume-Kecepatan) dengan nilai R² tertinggi (R² = 0,209). Dari Hasil penelitian untuk jalan arah Kuala Simpang – Langsa lebih cocok menggunakan model underwood. Sedangkan untuk arah Langsa - Kuala Simpang lebih cocok menggunakan model greenshields.
Kata Kunci: Greenshields, Jalan Raya, Transportasi, Underwood.
Referensi
Abdi, G. N., Priyanto, S., & Malkamah, S. (2019). Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara), Sleman. Teknisia, XXIV(1), 55–64. https://doi.org/10.20885/TEKNISIA.VOL24.ISS1.ART6
Afandi, K. (2022). Pengaruh Penyempitan Badan Jalan dan Karakteristik Lalulintas di Ruas Jalan Cemara Kota Medan dengan Menggunakan Metode Greenshields dan Greenberg (Studi Kasus) [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18948
Azka, C. N., & Mardi, R. (2020). Pemodelan Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Pada Jalan Soekarno Hatta Kota Banda Aceh. Tameh, 9(1), 42–50. https://doi.org/10.37598/tameh.v9i1.104
Desmi, A., Widari, L. A., & Yanti, R. (2019). Efektifitas Model Karakteristik Arus Lalu Lintas pada Ruas Jalan Simpang 4 Bireun (Perbandingan dengan Metode Greenshield, Greenberg, Underwood). Teras Jurnal : Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.29103/TJ.V9I1.178
Fadilah, R. (2023). Analisis Hubungan Volume, Kecapatan, dan Kepadatan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Raya Kletek Sidoarjo dengan Metode Grennberg dan Greenshield (Vol. 20) [UPN Veteran Jawa Timur]. https://repository.upnjatim.ac.id/16081/
Fauzan, M. R. (2021). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Darat Dalam Pola Pergerakan Barang Rute Medan-Banda Aceh (Studi Kasus). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik, 1, 1–58. https://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimt/article/view/739
Hakim, L. (2017). Hubungan Kecepatan, Volume dan Kepadatan Pada Jalan Raya Pajajaran KM 5 Arah Sukasari-Baranangsiang dengan Menggunakan Model Greenberg. Astonjadro, 6(2), 87–96. https://doi.org/10.32832/astonjadro.V6I2.2265
Saputra, B., & Savitri, D. (2021). Analisis Hubungan antara Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu-Lintas Berdasarkan Model Greenshield, Greenberg dan Underwood. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 5(1), 43–60. https://doi.org/10.12962/j26151847.v5i1.8742
Tamin, O. Z. (1992). Hubungan Volume, Kecepatan, dan Kepadatan Lalulintas di Ruas Jalan H.R. Rasuna Said (Jakarta). Jurnal Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil ITB, ISSN: 0853−2982., 5, 1–11.
Wibisana, H., & Utono, N. (2019). Pemetaan Kecepatan dan Kerapatan Lalu Lintas di Ruas Jalan Arteri Kota Surabaya. Jurnal Teknik Sipil, 12(2), 121–145. https://doi.org/10.28932/jts.v12i2.1420
Widari, L. A., Akbar, S. J., & Fajar, R. (2021). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus Jalan Medan –Banda Aceh km 254+800 s.d km 256+700). Teras Jurnal, 5(2), 89–98. https://doi.org/10.29103/tj.v5i2.11
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.