ANALISIS GEOTEKNIK TEROWONGAN KERETA API KEBASEN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA 3D

Penulis

  • Dody Hermawan Institut Teknologi Nasional
  • Indra Noer Hamdhan Institut Teknologi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v3i1.3310

Abstrak

Perbukitan Kebasen, Banyumas memiliki rencana membangun jalur rel kereta yang mempunyai konfigurasi double track guna memenuhi peningkatan jumlah pengguna. Pada wilayah yang sangat terbatas daerah jangkauan konstruksinya terowongan merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan. Analisis geoteknik terowongan kereta api Kebasen dibutuhkan untuk mengetahui nilai faktor kemanan, face stability, dan gaya-gaya dalam yang bekerja pada terowongan tersebut. Sistem perkuatan terowongan yang digunakan pada formasi tanah-batuan di perbukitan Kebasen adalah rock bolt dan shotcrete dengan menggunakan metode konstruksi New Austrian Tunneling Method (NATM). Model yang digunakan adalah model dengan perkuatan dan tanpa perkuatan, dan dianalisis dengan metode elemen hingga 3-dimensi. Hasil yang diperoleh pada model dengan perkuatan, yaitu nilai faktor kemanan 8,35 dengan deformasi terbesar 0,0737 m, sedangkan pada model tanpa perkuatan nilai faktor keamanan adalah 1,84 dengan deformasi sebesar 0,417 m.

Kata Kunci: terowongan, face stability, metode elemen hingga, NATM, rock bolt shotcrete, deformasi

Referensi

Fadhillah, R. A., Hamdhan, I. N. (2016) Analisis Geoteknik Terowongan Batuan Geurutee Aceh Menggunakan Metode Elemen Hingga. Reka Racana 2 (4) 2016. Institut Teknologi Nasional, Bandung.

Aldiamar, F. (2016) Pemodelan Numerik Penentuan Panjang Laju Penggalian untuk Terowongan Jalan. Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Bandung.

Apriono, A. (2010) Tinjauan Kekuatan Sistem Penyangga Terowongan dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Hoek, E. (2006) Practical Rock Engineering. Evert Hoek Consulting Engineer Inc, Columbia.

Japan Society of Civil Engineers (JSCE), (2007) Standard Specifications for Tunneling-2006: Mountain Tunnels. Tokyo: JSCE.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (2015) Metode Perencanaan Penggalian dan Sistem Perkuatan Terowongan Jalan Pada Media Campuran Tanah-Batuan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.

SNI 03-8460-2017 Persyaratan Perancangan Geoteknik. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta

O'Bickel, J. (1996) Tunnel Engineering Hand Book. ISBN 978-1-4613-0449-4. Kluwer Academic, Massachussets.

Plaxis 2017. Tutorial Manual 2017. Plaxis BV, Netherland.

Rai, M. A. (1988) Perencanaan dan Pelatihan Teknik Terowongan. Laboratorium Geoteknik Pusat Antar Universitas Ilmu Rekayasa Institut Teknologi Bandung, Bandung.

U.S. Departement of Transportation Federal Highway Administration. (2009) Technical Manual for Design and Construction of Road Tunnels – Civil Elements. National Highway Institute, Washington D.C.

Diterbitkan

2019-04-01

Cara Mengutip

Hermawan, D., & Hamdhan, I. N. (2019). ANALISIS GEOTEKNIK TEROWONGAN KERETA API KEBASEN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA 3D. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/komposit.v3i1.3310

Terbitan

Bagian

Articles