ANALISIS GEOTEKNIK TEROWONGAN KERETA API KEBASEN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA 3D
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v3i1.3310Abstrak
Perbukitan Kebasen, Banyumas memiliki rencana membangun jalur rel kereta yang mempunyai konfigurasi double track guna memenuhi peningkatan jumlah pengguna. Pada wilayah yang sangat terbatas daerah jangkauan konstruksinya terowongan merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan. Analisis geoteknik terowongan kereta api Kebasen dibutuhkan untuk mengetahui nilai faktor kemanan, face stability, dan gaya-gaya dalam yang bekerja pada terowongan tersebut. Sistem perkuatan terowongan yang digunakan pada formasi tanah-batuan di perbukitan Kebasen adalah rock bolt dan shotcrete dengan menggunakan metode konstruksi New Austrian Tunneling Method (NATM). Model yang digunakan adalah model dengan perkuatan dan tanpa perkuatan, dan dianalisis dengan metode elemen hingga 3-dimensi. Hasil yang diperoleh pada model dengan perkuatan, yaitu nilai faktor kemanan 8,35 dengan deformasi terbesar 0,0737 m, sedangkan pada model tanpa perkuatan nilai faktor keamanan adalah 1,84 dengan deformasi sebesar 0,417 m.
Kata Kunci: terowongan, face stability, metode elemen hingga, NATM, rock bolt shotcrete, deformasi
Referensi
Fadhillah, R. A., Hamdhan, I. N. (2016) Analisis Geoteknik Terowongan Batuan Geurutee Aceh Menggunakan Metode Elemen Hingga. Reka Racana 2 (4) 2016. Institut Teknologi Nasional, Bandung.
Aldiamar, F. (2016) Pemodelan Numerik Penentuan Panjang Laju Penggalian untuk Terowongan Jalan. Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Bandung.
Apriono, A. (2010) Tinjauan Kekuatan Sistem Penyangga Terowongan dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.
Hoek, E. (2006) Practical Rock Engineering. Evert Hoek Consulting Engineer Inc, Columbia.
Japan Society of Civil Engineers (JSCE), (2007) Standard Specifications for Tunneling-2006: Mountain Tunnels. Tokyo: JSCE.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (2015) Metode Perencanaan Penggalian dan Sistem Perkuatan Terowongan Jalan Pada Media Campuran Tanah-Batuan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.
SNI 03-8460-2017 Persyaratan Perancangan Geoteknik. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta
O'Bickel, J. (1996) Tunnel Engineering Hand Book. ISBN 978-1-4613-0449-4. Kluwer Academic, Massachussets.
Plaxis 2017. Tutorial Manual 2017. Plaxis BV, Netherland.
Rai, M. A. (1988) Perencanaan dan Pelatihan Teknik Terowongan. Laboratorium Geoteknik Pusat Antar Universitas Ilmu Rekayasa Institut Teknologi Bandung, Bandung.
U.S. Departement of Transportation Federal Highway Administration. (2009) Technical Manual for Design and Construction of Road Tunnels – Civil Elements. National Highway Institute, Washington D.C.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.