STUDI PERENCANAAN GEDUNG PARKIR SEPEDA MOTOR DI AREA FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Penulis

  • Muhamad Lutfi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rulhendri Rulhendri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ro'yu Awwalul Mu'minul Quddus Salam Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v4i1.3749

Abstrak

ABSTRAK

Lahan parkir Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor memiliki luas lahan 345,15m2dan hanya mampu menampung 80 untuk sepeda motor. Kondisi lahan parkir tersebut sangat terbatas untuk menampung sepeda motor di jam-jam puncak, sehingga seringkali bahu jalan digunakan sebagai tempat parkir kendaraan. Jumlah sepeda motor setiap durasi parkir dapat dapat diketahui melalui survei dengan metode berdasarkan selisih terbesar antara kedatangan dan keberangkatan sepeda motor. Jumlah sepeda motor yang masuk lahan parkir setiap durasi adalah beragam dan puncak sepeda motor yang masuk terjadi pada pukul 08:00 - 11:00 WIB. Tersedianya gedung parkir bertingkat merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi ketersediaan lahan parkir. Gedung parkir tersebut direncanakan 4 lantai dengan luas bangunan 26mx13m dapat menampung 288 sepeda motor. Pemodelan struktur menggunakan software ETABS dengan standarisasi yang berlaku yaitu SNI-2847-2013, SNI-1726-2012 serta PPPURG-1987. Material yang digunakan adalah beton bertulang dengan mutu beton K-250 dengan kolom 500/500mm dengan tulangan utama 8D20 dan tulangan geser í˜10-150. Balok utama dengan dimensi 300/500mm dengan tulangan tarik 6D16, tulangan tekan 5D16, tulangan geser í˜10-200mm dan untuk balok anak dengan dimensi 200/400 mm dengan tulangan tarik 4D16, tulangan tekan 3D16, tulangan geser í˜10-150mm. Tebal plat 15cm dengan tulangan D13-250mm. Pengecekan kolom menggunakan software PCACOL.

Kata Kunci: kapasitas parker, gedung parkir bertingkat, pemodelan struktur, aplikasi ETABS.

ABSTRACT

The parking area for the Faculty of Engineering and Science, Universitas Ibn Khaldun Bogor with area of 345.15m2 can only accommodate 80 motorbikes. Parking lot capacity is very limited to accommodate motorbikes at peak hours, so often that, the road is used as a parking area. The number of motorbikes per parking duration can be determined through a survey with a method based on the largest difference between motorbike arrivals and departures. The number of motorbikes that enter the parking lot for each duration varies and the peak of the incoming motorbikes occurs at 08:00 - 11:00 WIB. The availability of multi-stories parking buildings is the right solution to overcome the limited capacity of parking lots. The parking building is designed with 4 stories, 26x13 m2 area, which can accommodate 288 motorbikes. Structural modeling used ETABS software with applicable standards, namely SNI-2847-2013, SNI-1726-2012 and PPPURG-1987. The material used is reinforced concrete with K-250 concrete quality with 500/500mm columns with 8D20 main reinforcement and í˜10-150 shear reinforcement. Main beam with dimensions 300 / 500mm with 6D16 tensile reinforcement, 5D16 compressive reinforcement, shear reinforcement í˜10-200mm and for joist with dimensions 200/400 mm with tensile reinforcement 4D16, compressive reinforcement 3D16, shear reinforcement í˜10-150mm. 15cm thick concrete plate with D13-250mm reinforcement. the column integrity is controlled using PCACOL software.

Keywords: parking capacity, multi-stories parking building, structural modelling, ETABS software.

Referensi

Nobel, A. (2013). Analisis Struktur Gedung Bertingkat Rendah dengan Software Etabs V9.5.0. Depok: Universitas Indonesia.

Pamungkas, A., Haryanti, E. (2013). Gedung beton bertulang dan tahan gempa. Jakarta: dapur buku.

Rachman, B 2015. Analisis Kapasitas Sistem Perparkiran, (Studi Kasus: Universitas Ibn Khaldun Bogor). Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat (1998). Pedoman perencanaan dan pengoperasian fasilitas parkir No: 72/Hk.105/DJRD/96.

Hidayat, S.A., Saputra, E.L., Bowoputro, H., Kusumaningrum, R. (2014). Studi Perencanaan Gedung Parkir Terpusat Universitas Brawijaya. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil. Vol. 1 (3). http://sipil.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jmts/article/view/186

Nilai Spektra Perencanaan. (2011).

http://puskim.pu.go.id/Aplikasi/desain_spektra_indonesia_2011

Departemen Pekerjaan Umum (1987). SKBI – 1.3.53.1987 Pedoman perencanaan pembebanan untuk rumah dan gedung,

Widhiastuti, R. Priyadi, E., Akhmadali. (2013). Evaluasi dan Analisis Kebutuhan Ruang Parkir di Kampus Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Teknik Sipil. Vol. 13 (1).

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtsuntan/article/view/2102

Setiawan, A. (2016) Perencanaan struktur beton bertulang berdasarkan SNI 2847:2013. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Setiawan, R. (2005). Studi Kelayakan Pembangunan Gedung Parkir Dan Analisis ‘Willingness to Pay': Studi Kasus Di Universitas Kristen Petra. Proceeding Civil Engineering National Conference: Sustainability Construction & Structural Engineering Based on Professionalism. Semarang: Unika Soegijapranta

Badan Standardisasi Nasional (2013). SNI-2847-2013. Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung.

Badan Standardisasi Nasional (2012). SNI 03-1726-2012. Tata Cara Perencaaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung.

Tamin O Z. (2003). Perencanaan dan permodelan transportasi: contoh soal dan aplikasi. Bandung: Penerbit ITB.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-23

Cara Mengutip

Lutfi, M., Rulhendri, R., & Salam, R. A. M. Q. (2022). STUDI PERENCANAAN GEDUNG PARKIR SEPEDA MOTOR DI AREA FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.32832/komposit.v4i1.3749

Terbitan

Bagian

Articles