Efektifitas Pita Penggaduh (Rumble Strips) dalam Mereduksi Kecepatan pada Ruas Jalan Siliwangi di Kota Bogor

Penulis

  • Zaenudin Ahyani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rulhendri Rulhendri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Alimuddin Alimuddin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nurul Chayati Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v7i2.8048

Kata Kunci:

pita penggaduh, pengurangan kecepatan, kendaraan ringan, kendaraan berat, sepeda motor

Abstrak

Pita penggaduh (rumble strip) merupakan bagian dari rekayasa lalu lintas yang berfungsi untuk memberikan peringatan bagi pengendara, dimana lokasi penelitian berada di kawasan kuliner, sekolah maupun pelayanan publik. Dalam penelitian ini dilaksanakan untuk menentukan kecepatan kendaraan saat melintasi pita penggaduh (rumble strip) pada ruas jalan Siliwangi, Kota Bogor. Data kecepatan diperoleh dengan mencatat waktu yang dibutuhkan oleh setiap jenis kendaraan dalam melewati jarak tertentu yang sudah ditentukan, kemudian jarak tempuh kendaraan tersebut dibagi dengan waktu tempuh kendaraan pada saat melewati pita penggaduh (rumble strip) dan setelah melewati pita penggaduh (rumble strip). Kecepatan rata-rata kendaraan ringan sebelum pita penggaduh (rumble strip) adalah 20 km/jam dan setelah pita penggaduh 14 km/jam, untuk kecepatan kendaraan berat sebelum pita penggaduh (rumble strip) adalah 19 km/jam dan setelah pita penggaduh (rumble strip) 15 km/jam, dan untuk kecepatan sepeda motor sebelum pita penggaduh adalah 25 km/jam dan setelah pita penggaduh adalah 16 km/jam. Dengan demikian, pengaruh pita penggaduh dalam mereduksi kecepatan lalu lintas pada ruas Jalan Siliwangi di Kota Bogor bagi kendaraan ringan adalah sebesar 34%, untuk kecepatan kendaraan berat 18% dan untuk kendaraan motor 39%.

Referensi

Albarqi, K. (2020) Pengaruh Rumble Strips (Pita Penggaduh) Terhadap Kecepatan Kendaraan di Jalan Raya. (Diploma Thesis, Universitas Andalas). http://scholar.unand.ac.id/55655/

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. (2004). Pedoman Fasilitas Pengendali Kecepatan Lalu Lintas.Direktorat Jenderal Prasarana Wilayah. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga (1997) Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Bina Karya. Jakarta.

Direktorat Eksplorasi, Survei, dan Perencanaan Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Tentang Perencanaan Jalan Raya No.13 Tahun 1997.

Huang, Y. H. (2004). Pavement Analysis and Design. Second Edition, New Jersey: Pearson Education.

Lubis, F. R. A. (2017) Efektifitas Pita Penggaduh (Rumble Strips) dalam Mereduksi Kecepata pada Ruas Jalan di Kota Medan (Studi Kasus). Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12502

Keputusan Menteri Perhubungan (1994) Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan. Nomor: KM. 3. 1994. Jakarta.

Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 61 Tahun 1993 Tentang Marka Jalan.

Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 61 Tahun 1993 Tentang Rambu-rambu Lalu Lintas di Jalan.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No PM 14 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan.

Mujahidin, M. (2020) Pengaruh Rumble Strips Terhadap Tingkat Pelayanan pada Ruas Jalan Sandubaya Sweta Mataram. Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram. https://repository.ummat.ac.id/1029/

Nur, H. S. (2018). Efektifitas Rumble Strips dalam Mereduksi Kecepatan Lalulintas Studi Kasus: Jln. Betoambari (Depan Universitas Muhammadiyah Buton) & Jln. Dayanu Ikhsanuddin. Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil Unidayan, 7(1), 1-9.

Rahadian, M. L., Rulhendri, R., & Chayati, N. (2023). Efektifitas Pita Penggaduh (Rumble Strips) dalam Mereduksi Kecepatan pada Ruas Jalan Achmad Adnawijaya Kota Bogor. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(1), 113–117. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.8034

Setiawan, A., Rulhendri, R., Alimuddin, A., & Chayati, N. (2023). Efektifitas Polisi Tidur (Road Humps) dalam Mereduksi Kecepatan pada Ruas Jalan H.M. Syarifudin di Kota Bogor. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.8029

Utama, C. S. (2020) Pengaruh Rumble Strips terhadap Kecepatan Kendaraan dan Tingkat Pelayanan Saat Memasuki Zona Selamat Sekolah (ZOSS). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Undang undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan.

Yermadona, H., Kurniawan, D., & Meilisa, M. (2019) Analisis Pita Penggaduh (Rumble Strips) dalam Mereduksi Kecepatan Kendaraan pada Kawasan ZOSS Kota Padang Panjang. 6th ACE Conference. 29 Oktober 2019, Padang, Sumatra Barat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-01

Cara Mengutip

Ahyani, Z., Rulhendri, R., Alimuddin, A., & Chayati, N. (2023). Efektifitas Pita Penggaduh (Rumble Strips) dalam Mereduksi Kecepatan pada Ruas Jalan Siliwangi di Kota Bogor. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(2), 259–263. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i2.8048