PEMANFAATAN BIG DATA DALAM PENELITIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3381Keywords:
Big Data, Pendidikan dan Penelitian Teknologi PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan pemanfaatan peran dan kontribusi big data dalam paradigma pembelajaran di era normal, menuntut pembelajaran daring yang awalnya semua dilakukan dengan tatap muka. Penelitian bidang Teknologi Pendidikan memiliki domain penelitian dipaksa untuk merubah strategi pembelajaran tersebut. Diantaranya pemanfaatan teknologi yang sekarang sedang terjadi pandemi virus covid 19 yang merubah pembelajaran tatamuka menjadi daring/online. Pemanfaatan Big Data yang mampu melakukan pengembangan strategi (prosedur) pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah / memudahkan belajar. Pemanfaatan bigdata dapat menyampaikan andil bagi penelitian di bidang pendidikan pada umumnya maupun teknologi pendidikan pada khususnya.
Metodelogi digunakan adalah mencakup pada analisis dan potensi implementasi big data di ranah penelitian Teknologi Pendidikan dengan melakukan analisis tinjauan literature. Data diperoleh dan digunakan adalah berupa jurnal lokal dan internasional terkait Implementasi big data di dunia Penelitian Teknologi Pendidikan.
Pengembangan aplikasi Penelitian Teknologi berbasis big data akan mampu memudahkan peneliti melihat potensi dan masalah dari setiap peserta didik. Berdasarkan data ini peneliti akan mampu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap peserta didik, pengajar, bahan ajar serta pelaksana pembelajaran. Data tersebut bisa digunakan sebagai bagian dalam penyusunan kegiatan penelitian di masa depanReferences
B. Daniel, "Big Data and analytics in higher education: Opportunities and challenges,” pp. 1–17, 2014.
Cusumano, M. (2013). MOOCs: Contexts and Consequences. Massacussets. Retrieved from chrome-extension://oemmndcbldboiebfnladdacbdfmadadm/http://ebusiness.mit.edu/research/papers/2013.05_Cusumano_MOOCs Contexts and Consequences.pdf
Dumbill, E. (2013). Making sense of big data.Mary Ann Liebert, NY
Gondaliya, T. P., & Hiren, J. (2015). New Big Things in Era of Digital Data : " Big data ”& Big data Challenges with its Solution Using Different Tools. In 10th International CALIBER-2015 (p.496)
Gondaliya, T. P., & Hiren, J. (2015). New Big Things in Era of Digital Data : " Big data ”& Big data Challenges with its Solution Using Different Tools. In 10th International CALIBER-2015 (p.496).http://doi.org/10.13140/RG.2.1.3557.0728
Hoy, M. B. (2014). Big data: an introduction for librarians. Medical Reference Services Quarterly. http://doi.org/10.1080/02763869.2014.925709
Jaseena, K. U., & David, J. M. (2014). B Ig D Ata M Ining. Nternational Journal of Business and Social Science, 40(August), 131–140. http://doi.org/10.1016/j.medengphy.2011.09.021
K. Sin and L. Muthu, "Aplication Of Big Data In Education Data Mining And Learning Analytic – A Literature Review,” vol. 6956, no. July, pp. 1035–1049, 2015.
K. Agustini, "The Adaptive eLearning System Design ; Student Learning Style Trend Analysis,” in 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017), 2017, pp. 50–54.
Kim, Y. H., & Ahn, J. H. (2016). A Study on the Application of Big data to the Korean College
Education System. Procedia Computer Science, 91(Itqm), 855–861. http://doi.org/10.1016/j.
procs.2016.07.096.
Kumbhar, R. (2009). Use of E-learning in Library and Information Science Education. DESIDOC Journal of Library & Information Technology, 29(1), 37– 41. http://doi.org/10.14429/djlit.29.228
Laney, D. (2001). 3D data management: Controlling data volume, velocity and variety. META Group Research Note, 6, 70.
Lauren Reinhalter & Rachel J. Wittmann (2014) The Library: Big data's Boomtown, The
Serials Librarian: From the Printed Page to the Digital Age, 67:4, 363-372, DOI: 10.1080/0361526X.2014.915605
Mayer-Schonberger, V., & Cukier, K. (2013). Big Data: The Essential Guide to Work, Life and Learning in the Age of Insight. Hodder & Stoughton. Retrieved from https://books.google.co.id/ books?id=tXbAeel64gwC
M. C. Murray and J. Pérez, "Informing and performing: A study comparing adaptive learning to traditional learning,” Informing Sci., vol. 18, no. 1, pp. 111–125, 2015.
Pardos, Z. A. (2017). Big data in education and the models that love them. Current Opinion in Behavioral Sciences, 18, 107–113. http://doi.org/10.1016/j.cobeha.2017.11.006
Peterson, A. (2018). Big data in Education: New Efficiencies for Recruitment, Learning, and
Retention of Students and Donors. Handbook of Statistical Analysis and Data Mining Applications (Second Edition). Elsevier Inc. http://doi.org/10.1016/B978-0-12-416632-5.00013-X
R. Eynon, "The rise of Big Data : what does it mean for education , technology , and media research ?,” vol. 9884, no. May, 2017.
R. P. Santos, "Big Data : Philosophy , emergence , crowdledge , and science education,” vol. 8, no. 2, pp. 115–127, 2015.
Saurabh, "Four Ways Big Data Will Revolutionize Education,” 2017.
T. Asniar, "Penggunaan Big Data Analytic di Perguruan Tinggi,” no. February, pp. 1–5, 2015.
Tong, T., & Li, H. (2018). Demand for MOOC - An Application of Big data. China Economic
Review, 51, 194–207. http://doi.org/10.1016/j.chieco.2017.05.007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |