Pengaruh Media Blanded Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v4i2.2172Keywords:
Blanded & e-learning, Pengembangan Media Audio, Hasil BelajarAbstract
Pengaruh Blended dan Learning Terhadap Motivasi Belajar mahasiswa dan Hasil Belajar mahasiswa semester 4 teknologi Pendidikan UIKA Bogor. Tujuan dari penelitian untuk: 1) mengetahui ada perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa diajarkan dengan pembelajaran blended learning dibanding mahasiswa diajarkan pembelajaran konvensional, 2) mengetahui ada peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa akibat penerapan pembelajaran blended learning. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experiment. Populasi penelitian adalah sebanyak 30 mahasiswa dilakukan secara random assignment. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan angket. Data yang diolah menggunakan analisis serta diuji dengan statistik parametrik uji F dan uji t. Hasilnya sebagai berikut. 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar pembelajaran blended learning dibandingkan siswa yang diajar pembelajaran konvensional 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa akibat penerapan pembelajaran blended learning dengan nilai dan ada peningkatan hasil belajar mahasiswa
References
Bersin, J. 2004. The blended learning book: Best practices, proven methodologies, and lessons learned. San Francisco: Pfeiffer Publishing.
Brophy, J. 2010. Motivating students to learn (3rd ed.). New York: Routledge
Cepi Riyana. 2011. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran: Blended learning. Artikel tik, 21-24. 13 Oktober 2011, dari http://kurtek.upi.edu/tik/content/blended.pdf.
Daniels, H. 2005. An introduction to vygotsky,(2nd ed.). New York: Routledge
Daryanto. 2010. Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Efgivia, M.G. 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Managemen. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3). On line at http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/9307155168.pdf[diakses 25/07/2010]
Frey, B.A., & Sutton, J.M. 2010. A model for developing multimedia learning projects.
Merlot journal of online learning and teaching. Vol. 6, no. 2, june, 491. University of Pittsburgh. Pittsburgh. 13 Oktober 2011, dari http:// jolt.merlot.org/vol6no2/frey_0610.pdf
Hasibuan, Z.A. (9 – 11 September, 2006). Integrasi aspek pedagogi dan teknologi dalam e-learning studi kasus: Pengembangan e-learning di fakultas ilmu komputer, UI. Makalah disajikan dalam Seminar Teknologi Pendidikan ke-19, Lengkawi, Kedah, Malaysia. 13 Oktober 2011, dari http://kambing.ui.ac.id/onnopurbo/libr ary/library-ref-ind/ref-ind2/application/education/Integrasi Aspek Pedagogi dan Teknologi v3.doc
Heinze, A. 2008. Blended learning: An interpretive action research study. PhD Thesis, tidak diterbitkan, University of Salford, Manchester. 13 Oktober 2011, dari http://usir.salford.ac.uk/1653/1/Heinze _2008 _blended _elearning.pdf
Heinze, A., & Procter, C. (13-14 September, 2004). Reflections on the use of blended learning. Education in a changing environment conference proceedings: Education development unit. University of Salford, Manchester. 13 Oktober 2011, dari http://www.ece.salford.ac.uk/ proceedings/papers/ah_04.rtf
Maslow, A. H. 1954. Motivation and personality. New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
Mayer, R.E. 2009. Multimedia learning: Prinsipprinsip dan aplikasi. (Terjemahan Baroto Tavip Indrojarwo) Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan tahun 1999)
Mihai, A., & Christova, A. 2011. Teaching european studies: A blended learning approach. Institute for european studies (IES) - Vrije Universiteit Brussel (VUB). Belgium. International journal of emerging technologies in learning (iJET). Vol. 6, No. 4, 1-2. 10 Oktober 2011, dari http://euce.org/eusa/2011/papers/9d_2 mihai.pdf.
Sansone, C., Judith, M., & Harackiewicz. (2000). Intrinsic and extrinsic motivation: The search for optimal motivation and performance. San Diego: Academic Press.
Siahaan, S. 2008. Mengapa harus menggunakan e-learning dalam kegiatan pembelajaran?. Jurnal Teknodik. Vol. 12 No. 1 Juni 2008, 43-54. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan
Singgih Santoso. 2012. Aplikasi SPSS pada statistik parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Siregar, S. 2011. Statistika deskriptif untuk penelitian dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : Rajawali Pers.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Thorne, K. 2003. Blended learning : How to integrate online and traditional learning. London: Kogan Page Publishers
Wasis Dwiyogo. 8 Mei 2012. Blended Learning. Pembelajaran berbasis blended learning. 13 Mei 2019 dari http://id.wikibooks.org/ wiki/Pembelajaran_Berbasis_Blended_Learning.
Wina Sanjaya. 2011. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Heinze, A., & Procter, C. (13-14 September, 2004). Reflections on the use of blended
learning. Education in a changing environment conference proceedings: Education development unit. University of Salford, Manchester. 13 Oktober 2011, dari http://www.ece.salford.ac.uk/ proceedings/papers/ah_04.rtf
Herman Dwi Surjono. 2011. Membangun course e-learning berbasis moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Mayer, R.E. 2009. Multimedia learning: Prinsipprinsip dan aplikasi. (Terjemahan Baroto Tavip Indrojarwo) Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan tahun
Mihai, A., & Christova, A. 2011. Teaching
european studies: A blended learning approach. Institute for european studies (IES) - Vrije Universiteit Brussel (VUB). Belgium. International journal of emerging technologies in learning (iJET). Vol. 6, No. 4, 1-2. 10 Oktober 2011, dari http://euce.org/eusa/2011/papers/9d_2 mihai.pdf.
Siahaan, S. 2008. Mengapa harus menggunakan e-learning dalam kegiatan pembelajaran?. Jurnal Teknodik. Vol. 12 No. 1 Juni 2008, 43-54. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.
Syaad Patmanthara. 2006. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan pembelajaran melalui web sekolah. Jurnal Teknodik No.19/x/Teknodik/Des/2006, 56-67. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan
Sadiman, Arief S dkk. (2005). Media Pendidikan. Jakarta. Rajawali Press
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Sadiman, Arief dkk. 2012. Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |