PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG SISTEM REGULASI DI KELAS XI IPA C SMA NEGERI 5 BOGOR

Authors

  • Tri Retnowati SMA Negeri 5 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.992

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masih rendahnya daya serap siswa. Hal ini tampak dari hasil belajar peserta didik yang memprihatinkan. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran yang konvensional. Pada proses pembelajaran cenderung teacher-centered sehingga peserta didik menjadi pasif, pendekatan abstrak dengan metode ceramah dan pemberian tugas, sangatlah dominan dari setiap kegiatan pembelajaran. Sangat jarang dijumpai guru menggunakan pendekatan nyata yang mengaktifkan peserta didik, karena guru menganggap pembelajaran yang demikian menyita waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah melalui model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi tentang sistem regulasi di kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Bogor; (2) mendeskripsikan bagaimana proses peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran biologi tentang sistem regulasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran mind mapping di kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Bogor; (3) mengukur seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik sistem regulasi setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping di kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Bogor.
Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang materi sistim regulasi, dapat diambil simpulan sebagai berikut: (1) Adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi sistim regulasi di kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor dengan model pembelajaran mind mapping; (2) Penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran membuat peserta didik tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 84.38% atau 27 peserta didik aktif pada saat pembelajaran dan 15.63% atau 5 orang peserta didik yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada peserta didik yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik; dan (3) Hasil belajar mata pelajaran sistem regulasi di kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor sebelum menggunakan model pembelajaran mind mapping mempunyai nilai rata-rata 64,69. Pada saat pembelajaran diubah menggunakan model pembelajaran mind mapping, rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 77,34 pada siklus I dan 82,50 pada siklus II.

Downloads

Published

01-01-2018

How to Cite

Retnowati, T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG SISTEM REGULASI DI KELAS XI IPA C SMA NEGERI 5 BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.992

Issue

Section

Artikel