PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA TENTANG TERMOKIMIA DI KELAS XI MIPA-2 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR

Authors

  • Yustinus Suhardi SMA Negeri 7 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.995

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kimia tentang Termokimia. Oleh karena itu seorang pendidik perlu mempertimbangkan model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) pada pelajaran kimia tentang Termokimia di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2015-2016, (2) menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia melalui model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2015-2016, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia tentang Termokimia melalui model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2015-2016.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2015-2016.
Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64,73 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) menjadi 76,07 pada siklus 1 dan 83,03 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran kooperatife tipe TPS (Think Pair Share) disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran kimia di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.

Downloads

Published

01-01-2018

How to Cite

Suhardi, Y. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA TENTANG TERMOKIMIA DI KELAS XI MIPA-2 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 53–74. https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.995

Issue

Section

Artikel