Metode Pembelajaran Kreatif Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar Islam

Imam Kurniawan, Anung Al Hamat, Abdul Hayyie Al Kattani

Abstract


Creative Learning Methods in Arabic Language Subjects For Grade 1 Elementary School is a strategic step in fostering students' learning interest and minimizing student saturation when learning a foreign language. This research aims to produce Creative Learning Methods in Arabic Language Subjects for Grade 1 Elementary School (SD). The research method used in this research is qualitative field research—data collection tools through observation, interviews, and documentation. The formulation of Creative Learning Method in the Arabic Language For Grade 1 elementary school was conducted validity test through Focus Group Discussion (FGD) with four experts, namely: religious experts, linguists, psychologists and education experts. This study's results can be described that the Arabic Language Learning Method for Grade 1 Elementary School at Ibnu Hajar Bogor Islamic School in a structured manner has not looked neat. In its implementation, learning Arabic in grade 1 elementary school at Ibnu Hajar Bogor Islamic School uses Arabic manuals for grade 1 elementary school ordered by the school with exciting methods in its delivery. While in Pioneer School Depok Arabic Language Learning For Grade 1 Elementary School is held once a week, namely on Tuesdays, starting at 09:00- 09:30 by using learning modules created by the school based on students' needs namely lughotuna Arabic language books. The methods used by the two institutions studied in Arabic language learning are very diverse, he said; direct methods, Q& A, Qowa'id, and Game

Abstrak

Metode Pembelajaran Kreatif pada mata pelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar merupakan langkah strategis dalam menumbuhkan minat belajar siswa dan meminimalisir kejenuhan siswa saat belajar bahasa asing.  Tujuan dalam penelitian ini Untuk menghasilkan Metode Pembelajaran Kreatif pada mata pelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif field research. Alat pengumpul data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil rumusan Metode Pembelajaran Kreatif pada mata pelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 SD dilakukan uji keabsahan melalui Focus Group Discusion (FGD) dengan 4 ahli yaitu: ahli agama, ahli bahasa, ahli psikologi dan ahli pendidikan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa Metode Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar di Sekolah Islam Ibnu Hajar Bogor secara terstruktur belum terlihat rapi. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran bahasa Arab kelas 1 SD di Sekolah Islam Ibnu Hajar Bogor menggunakan buku panduan bahasa Arab untuk kelas 1 SD yang dipesan oleh pihak sekolah dengan penambahan metode menarik dalam penyampaiannya. Sedangkan di Sekolah Pioneer Depok  Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar dilaksanakan satu kali dalam sepekan, yaitu di hari Selasa, mulai pukul 09:00- 09:30 dengan menggunakan modul pembelajaran yang dibuat oleh sekolah berdasarkan kebutuhan peserta didik yaitu buku bahasa Arab Lughotuna. Metode yang digunakan oleh dua lembaga yang diteliti dalam pembelajaran bahasa Arab sangat beragam, di antaranya; metode langsung, tanya jawab, Qowa’id, dan metode Game.


Keywords


Pembelajaran Kreatif; Bahasa Arab; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Al-Khuliy, M. A. (2003). Model Pembelajaran Bahasa Arab. Royyan Press.

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran bahasa arab: Problematika dan solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 161–180.

Izzan, H. A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora Utama Press.

Mustaufiy, A. S. H. (2019). SIGNIFIKASI KONTEKSTUALISASI BAHAN AJAR BAHASA ARAB BAGI PENUTUR NON ARAB. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 3(1), 35–46.

Najib, M. (2011). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas I’dad di MA Darunnajat Pruwatan Bumiayu Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.

Rifa’i, M. N. (1999). Kemudahan dari Allah: Ringkasan tafsir ibnu katsir. Gema Insani.

Sam, Z. (2016). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. NUKHBATUL’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 2(1), 206–220.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Umar, H. N. (2014). Deradikalisasi Pemahaman Al Quran dan Hadis. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3426

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 
Sekolah Pascasarjana UIKA
Gedung Pascasarjana K.H. Sholeh Iskandar Lt. 2
Kampus Universitas Ibn Khaldun Jl. K.H. Sholeh Iskandar Km. 2, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16164